Berita Luar Negeri

Polisi Temukan 44 Jenazah Dimutilasi Dalam 119 Kantong Sampah, Awalnya Warga Mengeluh Bau Tak Sedap

kebanyakan dari jenazah itu terpotong-potong sehingga polisi harus menyatukannya supaya bisa mengidentifikasi mereka

Polisi Temukan 44 Jenazah Dimutilasi Dalam 119 Kantong Sampah, Awalnya Warga Mengeluh Bau Tak Sedap
(AFP via Daily MIrror)
Polisi Meksiko berjaga di depan lokasi penemuan kuburan massal berisi 44 jenazah yang dimutilasi dan ditempatkan dalam kantong plastik di Meksiko. 

SERAMBINEWS.COM - Polisi di Meksiko terkejut ketika mendapat terdapat 44 jenazah yang dimutilasi dan disembunyikan di 119 kantong sampah.

Penemuan itu berawal ketika warga setempat mengeluhkan bau tidak enak yang berasal dari sebuah sumur yang berlokasi di Negara Bagian Jalisco.

Dilaporkan Daily Mirror Minggu (15/9/2019), laporan itu sampai kepada polisi yang melakukan penyelidikan.

Hasilnya, mereka menemukan sebuah kuburan massal.

Baca: Dampak Kebakaran Hutan, Malam Ini Kualitas Udara di Pekanbaru Capai Level Berbahaya

Dari kuburan itu, penegak hukum menyatakan mereka menemukan adanya 44 jenazah yang sudah dimutilasi tersimpan dalam 119 kantong sampah warna hitam.

Jalisco di tengah Meksiko merupakan satu dari tempat dengan kekerasan geng narkoba terparah, dan salah satu lokasi dengan banyak penemuan jenazah.

Berdasarkan pemberitaan BBC, kebanyakan dari jenazah itu terpotong-potong sehingga polisi harus menyatukannya supaya bisa mengidentifikasi mereka.

Baca: Perbaiki Rumah Janda Miskin yang Tertimpa Pohon, Warga Meulinteng Jangka Bireuen Pakai Dana Desa

Organisasi lokal yang berfokus pada orang hilang menawarkan bantuan ke pemerintah dengan mengirim tim khusus untuk identifikasi jenazah.

Organisasi itu menyatakan departemen forensik setempat tidak mampu dan tidak mempunyai kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan operasi.

Selama beberapa hari, dilaporkan adanya "wabah lalat" di sekitar sumur, dengan baunya makin menyengat terutama ketika hujan turun September lalu.

Baca: AS Tuding Iran Dalang Serangan Drone ke Pabrik Minyak Saudi, Komadan Iran Siap Balas Bila Diserang

Media lokal memberitakan juru bicara pemerintah menuturkan bahwa kebanyakan jenazah yang dimutilasi mempunyai rekam jejak kriminal.

Sumur itu berlokasi sekitar 35 menit dari Guadalajara yang menjadi ibu kota Jalisco, kawasan yang sepanjang tahun ini ditemukan 15 kuburan massal.

Agustus lalu, salah satu kartel narkoba bernama Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG) merilis gambar memilukan di mana mereka menginterogasi dan menyiksa anggota rival.

Dikatakan korbannya bernama Aldolfo Mendoza Valencia atau Ël Michoacano", pemimpin geng Santa Rosa de Lima di Valle de Santiago.(*)

Baca: Utang Luar Negeri Indonesia Naik Jadi Rp 5.534 Triliun, Begini Keterangan Resmi Bank Indonesia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Polisi Meksiko Temukan 44 Jenazah Dimutilasi di 119 Kantong Sampah

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved