Breaking News:

Berita Aceh Besar

Hindari Dampak Buruk Kabut Asap, Dinkes Aceh Besar Bagi Ribuan Masker, Ini Titik Distribusinya

Menyikapi semakin pekatnya kabut asap kiriman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dari daerah lain, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui ...

HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar, Lukman SKM MKes. 

Hindari Dampak Buruk Kabut Asap, Dinkes Aceh Besar Bagi Ribuan Masker, Ini Titik Distribusinya 

Laporan Jalimin | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO - Menyikapi semakin pekatnya kabut asap kiriman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dari daerah lain, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan akan melakukan pembagian ribuan masker kepada masyarakat pengguna jalan di sejumlah titik di wilayah itu.

"Insya Allah besok Selasa 24 September 2019, jajajar Dinas Kesehatan membagian masker di sejumlah titik, salah satunya di Bundaran Lambaro, untuk itu masyarakat diimbau untuk menggunakan masker selama adanya kabut asap," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Besar, Lukman SKM MKes.

Selain itu, Ia mengimbau, agar masyarakat memperbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan, untuk mengantisipasi ternyadinya penyakit yang disebabkan kabut asap ini.

"Kita himbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker.Bagi-bagi masker dilakukan di kawasan Lambaro, kemudian untuk di Puskesmas, nanti kita sampaikan untuk dibagikan," katanya.

Masyakarat di wilayah Aceh Besar diharapkan tidak panik. Sebab, kata Lukman, kabut asap tersebut berasal dari daerah lain.

Asap Kiriman Mulai Ganggu Kafilah MTQ Aceh di Pidie, Sebagian Peserta Terserang Batuk

Tangisan Nek Mardiah Kala Berharap Rumahnya yang Terbakar Dibangun Kembali 

Pegiat Sejarah Dorong Dewan Lahirkan Qanun Cagar Budaya, Tati Meutia : Kita Upayakan Masuk Prolegda

"Harapan kita, masyarakat jangan panik, karena asap ini berasal dari kabupaten atau provinsi lain, kita berdoa mudah mudahan turun hujan untuk merendahkan asap ini," katanya.

Selama masa darurat kabut asap, Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan, berupaya membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat. Meskipun demikian, Dinas Kesehatan selalu siaga untuk menindaklanjuti kemungkinan terjadinya penyakit yang diakibatkan kabut asap tersebut.

"Untuk penanganan sementara kita bagikan masker. Dan sejauh ini, belum ada laporan penyakit seperti ISPA dan lainnya, tetapi besok kita lihat nanti. Dan kita tetap siaga," ujarnya.

Pantauan media ini, Senin (23/9/2019) sore, asap tebal mulai menyelimuti kawasan Aceh Besar, seperti di kawasan Lambaro, Lampeuneurut, dan bahkan di Kota Jantho sangat pekat. Bahkan sudah mempengaruhi jarak pandang bagi pengguna jalan.(*)

Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan, Hampir Satu Juta Orang Menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Persiraja Berpesta di Bumi Pasundan, Gempur Blitar United 3-0

Antisipasi Dampak Bencana, BPBD Aceh Tamiang tak Hanya Bagi-bagi Masker

Penulis: Jalimin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved