Breaking News:

Turun Tipe

RSUD Meulaboh Turun Kelas Jadi Tipe C, Kurangi Honorer Hingga 30 Persen

Jumlah THL atau tenaga honorer di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh saat ini diperkirakan 1.200 orang. Sedangkan gaji mereka per bulan Rp 1 juta/orang.

Penulis: Rizwan | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Honorer RSUCND Meulaboh menerima kartu BPJS Kesehatan untuk progrma Jaminan Keselamatan Kerja dan Jaminan Kematian, Senin (25/9/2017). 

Laporan Rizwan I Meulaboh

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien, Meulaboh, Aceh Barat dilaporkan sudah resmi turun kelas atau dari sebelumnya tipe B kini menjadi C.

Penerunan tipe ini berdasarkan hasil review yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tertanggal 28 Agustus 2019 lalu.

Terkait turun kelas tersebut, pihak RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh pada Jumat 27 September 2019 telah mengeluarkan surat pengumuman disampaikan kepada semua Tenaga Harian Lepas (THL) atau lebih dikenal sebutan tenaga honorer bahwa akan dilakukan pengurangan tenaga THL sekitar 30 persen.

Kopian surat pengumuman tersebut diperoleh Serambinews.com, Jumat (27/9/2019) dan telah diedarkan kepada kalangan THL di rumah sakit dengan sejumlah poin dan pengumuman itu diteken Direktur RSUD, dr HM Furqansyah pada 27 September 2019.

Baca: Dokter Ika Pratiwi Nasution Zainal Abidin Rambe, Masyarakat Jangan Terpancing Isu Hoax

Baca: Dipecat dari Kepengurusan PNA, Ini Jawaban Tiyong

Baca: Pengusaha Galian C Enggan Bayar Pajak, Ini Penjelasan Kabid Pendapatan BPKD Agara

Isi surat tersebut menjelaskan terkait hasil review kelas RSU yang dikeluarkan Kemenkes dengan Nomor 900/155/VIII/2019 tertanggal 15 Juli 2019 dan Nomor 0501/III/2787/2019 tertanggal 27 Agustus 2019.

Dengan penurunan kelas RSUD Cut Nyak Dhien penurunan 6 bulan ke depan sehingga berpengaruhi pendapatan rumah sakit yang berdampak berkurangnya biaya penerimaan klaim dari BPJS sebesar 30 persen.

Untuk menjamin keberlangsungan operasional RSUD Cut Nyak Dhien akibat berkurangnya penerimaan, maka dengan sangat terpaksa pihak rumah sakit akan melakukan pengurangan THL sebesar 30 persen dari yang ada saat ini.

Seperti pernah diberitakan, sebanyak 29 RSU se-Aceh mengalami penurunan kelas, namun beberapa waktu kemudian sejumlah RSU tetap bertahan kelas.

Namun hanya tersisa 12 RSU yang tidak bertahan atau resmi turun kelas.

Di Aceh Barat sendiri terdapat tiga RSUD yang resmi turun kelas di antaranya RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Jumlah THL atau tenaga honorer di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh saat ini diperkirakan 1.200 orang. Sedangkan gaji mereka per bulan Rp 1 juta/orang.

Sementara itu, Humas RSUD Cut Nyak Dhien, Nasri yang dikonfirmasi membenarkan soal surat pengumuman bahwa RSUD turun kelas dan dilakukan pengurangan THL.

Menurut Nasri persoalan ini masih pihak manajemen rumah sakit.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved