Kenduri Laot

Nelayan Aceh Barat Hilangkan Tradisi Sesajen saat Kenduri Laot

Sedangkan di darat juga dilaksanakan kenduri rakyat nelayan, yakni mengundang seluruh keluarga nelayan dan penyantunan anak yatim keluarga nelayan seb

Nelayan Aceh Barat Hilangkan Tradisi Sesajen saat Kenduri Laot
SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Dandim Aceh Barat menyerahkan santunan kepada anak-anak yatim pada acara kenduri laot di TPI Lhok Panggong, Kecamatan Johan Pahlawan, Sabtu (12/10/2019). 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Sebagian nelayan tradisional di wilayah Kabupaten Aceh Barat, sudah tidak lagi menggunakan cara-cara lama atau ritual pelepasan sesajen dalam acara kenduri laot.

Namun saat ini para nelayan lebih kepada zikir dan doa bersama serta memberikan santunan kepada anak yatim di setiap kenduri laot.

"Kami sudah tidak lagi menggunakan cara seperti nelayan zaman dulu dengan melepas sesajen dalam ritual kenduri laot. Namun kami lebih difokuskan di darat seperti pengajian, penyantunan dan sebagainya sebagai mana yang telah diarahkan oleh para ulama," kata Hamdani, Panglima Laot Lhok Pangong, Aceh Barat kepada Serambi, Sabtu (12/10/2019) di sela-sela kegiatan kenduri laot di TPI Lhok Panggong, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh.

Metalik Unsyiah Gelar Kompetisi Mountaineering Rally, Pendafatran Dibuka Sampai 20 Oktober 2019

Pertandingan Sepakbola Piala Kapolsek di Aceh Utara Ricuh, Wasit Kena Bogem

Warisan dari Aceh Timur, Truk Sampah Aceh Tamiang Butuh Peremajaan

Sebelumnya, sebagian para nelayan Aceh zaman dahulu, melaksanakan Kenduri Laot dengan kegiatan ritual dan keagamaan, hingga pelepasan sesajen seperti nasi bubur tujuh lapis ke laut dan di sana mereka berdoa bersama dalam boat.

Sedangkan di darat juga dilaksanakan kenduri rakyat nelayan, yakni mengundang seluruh keluarga nelayan dan penyantunan anak yatim keluarga nelayan sebagai bentuk syukur atas keselamatan dan melimpahnya rizki setiap tahun.

"Saat ini kami melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan petunjuk ajaran Islam. Makna dari kenduri laot ini hanya sebagai bentuk syukur dan silaturrahmi antara keluarga nelayan dengan semua unsur terkait," tambahnya lagi.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved