Wanita Inspiratif

Mengenal Apri Yanti, Perempuan Kelahiran Sigli yang Kini Memimpin Pengadilan Negeri Idi

Wanita kelahiran Sigli 1979 ini, lulus tes calon Hakim di Kemenkumham RI tahun 2002, dan ditempatkan tugas pertama kali di Bireun tahun 2002.

Mengenal Apri Yanti, Perempuan Kelahiran Sigli yang Kini Memimpin Pengadilan Negeri Idi
Hand-over dokumen pribadi
Ketua PN Idi, Apri Yanti 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Apri Yanti SH MH (40) merupakan Ketua Pengadilan Negeri Idi, Aceh Timur, yang dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh, H Djumali SH, sejak 17 Mei 2019 lalu.

Sebelum dilantik menjadi Ketua PN Idi, sebelumnya, Apri Yanti, menjabat sebagai Wakil Ketua di PN Idi, semasa pimpinan Iwan Irawan SH, sejak Maret 2018 lalu.

Suami tercinta Apri Yanti, yakni Bachtiar Hasan SAg MH, merupakan PNS Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh.

Mereka memiliki tiga orang anak, dua orang di antaranya sedang menuntut ilmu di dayah berasrama di Aceh Besar, yakni Hafidz Sayyidul Anam (15), dan  Faidz Najmul Alam (14).

Sedangkan seorang anak lagi yang masih kecil Yazidz khalilul Akram, ikut bersamanya di Aceh Timur.

Wanita kelahiran Sigli tahun 1979 ini, lulus tes calon Hakim di Kemenkumham RI tahun 2002, dan ditempatkan tugas pertama kali di Bireuen pada tahun 2002.

“Setelah selesai kuliah sarjana hukum di Unsyiah, saya tes calon hakim, karena saat itu tahun 2002 Aceh kekurangan hakim karena masih konflik, dan rata-rata persidangan di pengadilan dipimpin hakim tunggal, sehingga hasilnya kurang objektif. Tapi dengan adanya majelis hakim maka para hakim bisa bermusyawarah untuk memutuskan perkara. Karena itu, saya tes calon hakim dan Alhamdulillah lulus, dengan tugas pertama di PN Bireuen,” jelas Apri Yanti, saat ditemui Serambinews.com di ruang kerjanya, Jumat (18/10/2019).

Siap-siap Simeulue Buka CPNS, Ini Jumlah Formasi yang Diterima

Heboh Video Pelajar di Pakpak Bharat Bisa Berkomunikasi dengan Lebah

Meski lulus calon hakim 2002, namun Apri Yanti, baru resmi menjadi hakim dan memimpin sidang sejak bertugas di PN Sigli pada tahun 2005.

Kemudian, pindah tugas ke Jantho, Lhokseumawe, hingga menjabat Wakil Ketua PN Idi, sejak Maret 2018.

Halaman
123
Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved