Breaking News:

Berita Ekonomi dan Bisnis

Lontong Sayur, Kopi Manis, Teh Manis Sumbang Inflasi

Pada Oktober 2019, kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok, dan Tembakau menyumbang inflasi sebesar 1,01 persen dibanding dengan kelompok pengeluaran...

m.fonwall.ru
Ilustrasi Kopi 

Lontong Sayur, Kopi Manis, Teh Manis Sumbang Inflasi

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pada Oktober 2019, kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok, dan Tembakau menyumbang inflasi sebesar 1,01 persen dibanding dengan kelompok pengeluaran lainnya.

Pada kelompok ini, inflasi paling besar disumbang oleh lontong sayur 0,0498 persen, kopi manis 0,0230 persen, ayam goreng 0,0158 persen, teh manis 0,0152 persen, dan mi 0,0136 persen.

Kabid Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Kenda Paryatno ME dalam Berita Resmi Statistik, di Aula BPS setempat, Jumat (1/11/2019) menyampaikan kelima komoditas yang menyumbang inflasi pada kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok, dan Tembakau itu tidak terlalu dominan, karena pergerakan kenaikan harganya bersamaan maka seolah-olah lebih mendominasi pada kelompok tersebut.

"Kenaikan harga itu sebenarnya di masing-masing item tidak besar, tapi karena naiknya serentak di segala jenis maka agak terlihat dominan," ujarnya.

Menurutnya, kenaikan harga pada lima komoditas itu yang berpengaruh pada pergerakan inflasi di Aceh menjadi 0,22 persen disebabkan oleh berbagai faktor, antaranya bisa jadi bahan baku untuk membuat lontong sayur, kopi manis, ayam goreng, teh manis, dan mi didapat dengan harga yang mahal.

Mayat Hanyut di Subulussalam Asal Lawe Sigala-gala, Aceh Tenggara, Ini Identitasnya

Sempat Terkatung-katung Dua Tahun, Mahasiswa AKN Abdya Segera Diwisuda

Korban Rumah Terbakar di Rheum Baroh Simpang Mamplam Terima Bantuan, Ini Jenisnya

"Penyebab lainnya bisa jadi upah tenaga kerja naik, biaya untuk gas, sewa lokasi, dan banyak faktor lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan ada 20 jenis barang dan jasa penyumbang inflasi pada Oktober 2019 gabungan dari tiga kota (Banda Aceh, Lhokseumawe, dan Meulaboh) yaitu daging ayam ras, tongkol/ambu-ambu, bawang merah, lontong sayur, ikan gembung, bandeng, kopi manis, akademi/perguruan tinggi, dencis, ayam goreng, beras, teh manis, mi, kangkung, teri, martabak, rokok kretek filter, salak, rendang, dan jeruk.

Selain itu, juga ada 20 jenis barang dan jasa yang mengalami penurunan harga pada Oktober 2019, yakni cabai merah, cabai rawit, udang basah, cabai hijau, pir, telur ayam ras, anggur, emas perhiasan, kentang, televisi berwarna, cumi-cumi, selar, kacang panjang, mujair, buah melinjo, minyak goreng, labu siam, bawang putih, sepeda anak, dan emping mentah.(*)

Abang dan Adik ini Lolos ke Pra-PON Pencak Silat, Begini Perjuangan Keduanya

Rumah Ludes Terbakar Saat Pemiliknya Jenguk Kerabat yang Sakit, Begini Ceritanya

Status Anggota DPRK Aceh Timur dari PKS Terkait Sabu, Kapolres: Semua Tersangka Tetap Diproses Hukum

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved