Berita Luar Negeri

Rusia Ragukan Klaim AS soal Tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

hingga saat ini Kremlin masih belum yakin bahwa Pemimpin ISIS yang menjuluki dirinya "Khalifah" itu benar-benar tewas

Rusia Ragukan Klaim AS soal Tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi
via The Independent
Potongan video berdurasi 18 menit memperlihatkan seorang pria yang diyakini sebagai Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi. (via The Independent) 

SERAMBINEWS.COM - Rusia melalui Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov masih memeprtanyakan klaim AS soal tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

Selain itu seperti dikutip Russian Today Jumat (1/11/2019), Lavrov juga menyebut Baghdadi dan ISIS ada karena Negeri "Uncle Sam".

Kepada televisi Rusia Rossiya24, dia menerangkan ISIS mulai muncul ketika AS melakukan invasi ilegal yang berujung kolapsnya Irak, dan lepasnya sejumlah tahanan.

Jatuh di Tikungan 10 di Sirkuit Sepang, Pembalap Indonesia Afridza Munandar Meninggal

"Jadi, dalam sudut pandang tertentu, AS sudah melenyapkan produk mereka. Jika klaim itu benar-benar terjadi," terang Lavrov.

Dia mengatakan, hingga saat ini Kremlin masih belum yakin bahwa Pemimpin ISIS yang menjuluki dirinya "Khalifah" itu benar-benar tewas.

"Semuanya dinyatakan dengan penuh kegembiraan. Namun militer kami masih mempelajarinya. Jadi, kami bisa mengonfirmasi banyak," katanya.

Dalam konferensi pers Minggu (27/10/2019), Presiden AS Donald Trump menuturkan bahwa Abu Bakar al-Baghdadi tewas dalam serangan malam.

100 Pasukan Elite Delta dan 8 Helikopter Dikerahkan Untuk Habisi Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Dia membeberkan kronologi mulai dari pengumpulan informasi persembunyian, hingga Baghdadi meledakkan diri ketika disudutkan pasukan AS.

Meski Pentagon kemudian merilis foto dan video penyerbuan, banyak pihak menyangsikannya karena tak menunjukkan momen Baghdadi meledakkan diri.

Selain itu, potongan jenazah pria paling dicari dunia itu diklaim dikuburkan di laut.

Namun, informasi mengenai klaim tersebut rahasia.

Jepang Melirik Aceh sebagai Tujuan Investasi, Dari Tuna Segar Hingga Beasiswa dan Training Kerja

Adapun pada Kamis (31/10/2019), ISIS sudah mengonfirmasi Baghdadi tewas, dan menunjuk Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai pengganti.

Adapun Presiden Suriah Bashar al-Assad mencurigai kebenaran klaim AS, dan menuduh Washington bisa menciptakannya dalam nama dan bentuk berbeda.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Rusia Pertanyakan Klaim AS soal Tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi"

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved