Berita Aceh Selatan

Kantor Imigrasi Meulaboh Gelar Rapat Timpora Tingkat Kecamatan se-Aceh Selatan, Ini Pembahasannya

Dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas orang asing, Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh ...

Kantor Imigrasi Meulaboh Gelar Rapat Timpora Tingkat Kecamatan se-Aceh Selatan, Ini Pembahasannya
For Serambinews.com
Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh menggelar rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kecamatan se-Kabupaten Aceh Selatan. Acara yang dihadiri seluruh para stakeholder dan instansi terkait ini berlangsung di Aula Mapores Aceh Selatan, Jumat (8/11/2019). 

Kantor Imigrasi Meulaboh Gelar Rapat Timpora Tingkat Kecamatan se-Aceh Selatan, Ini Pembahasannya

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Dalam rangka meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas orang asing, Kantor Imigrasi Kelas II Meulaboh menggelar rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kecamatan se-Kabupaten Aceh Selatan.

Acara yang dihadiri seluruh para stakeholder dan Instansi terkait ini berlangsung di Aula Mapolres Aceh Selatan, Jumat (8/11/2019).

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono ST, dalam sambutannya selaku tuan rumah menyampaikan bahwa ada beberapa kegiatan Asing di wilayahnya antara lain di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan Pertambangan di Menggamat.

"Kami berharap ada Kantor Unit Imigrasi di Aceh Selatan sehingga tidak susah lagi koordinasi dengan Kantor Imigrasi yang jauh ke Meulaboh," ujar Kapolres.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, Imam Santoso menjelaskan, kegiatan seperti ini telah dilaksanakan di beberapa Kabupaten wilayah Barat Selatan Aceh yang menjadi wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh.

BREAKING NEWS - Sungai Tamiang Meluap, Puluhan Rumah di Lapangan Bawah Tergenang Air

Dinsos Serahkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Kebakaran Aceh Singkil

Kenaikan Harga TBS Sawit juga Disebabkan Kurangnya Produksi Buah Sawit

"Dan kali ini kita laksanakan di Kabupaten Aceh Selatan dengan mengundang para stakeholder instansi dan/atau lembaga yang mempunyai fungsi terkait keberadaan orang asing hingga pemerintahan terkecil pada tingkat Kecamatan yang terdiri dari para Camat, Koramil serta Kapolsek," jelas Imam Santoso.

Imam Santoso juga menjelaskan bahwa kegiatan Pembentukan TIMPORA Tingkat Kecamatan yang kali ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Selatan ini selain untuk mencapai target kinerja juga dalam rangka menjalankan aturan sesuai Permenkumham RI Nomor 50 Tahun 2016.

"TIMPORA dibentuk didaerah hingga tingkat kecamatan, karena para camat, Koramil serta Kapolsek merupakan ujung tombak informasi keberadaan orang asing di wilayahnya. Ini sebagai bentuk perwujudan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 Pasal 195," papar Imam Santoso.

Rapat Pembentukan dan Penguatan TIMPORA Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Aceh Selatan yang berlangsung di Aula Mapolres Aceh Selatan ini dihadiri oleh Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedy Sadsono ST, Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol Inf R Sulistiya Herlambang HB, Plt Kesbangpol Aceh Selatan, Kasi Intel Kejaksaan, Tim BAIS dan BIN serta unsur pimpinan atau yang mewakili dari lembaga dan/atau instansi terkait di Aceh Selatan

Ramli Ibrahim, Orang Aceh Pertama Pimpin Club Golf Tertua di Asia

Kegiatan Timpora ini juga turut diisi dengan acara inti yaitu pemaparan oleh Plt Kasi inteldak Imigrasi Meulaboh, Adi Hari P dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta, turut pula penyampaian saran dari Kapolres menyangkut SKEP serta tugas anggota TIMPORA.

Sedangkan Dandim 0107/Aceh Selatan menyampaikan saran agar Kantor Imigrasi membuat SOP dan mekanisme jika para Muspika melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai anggota TIMPORA.(*)

5 Cara Membersihkan Paru-paru dari Polusi Secara Alami, Simak Ulasan Berikut Ini

Pendaftaran CPNS 2019 Kemenkumham, Ini Daftar Formasi Khusus Bagi Pelamar SMK/SMA

Penulis: Taufik Zass
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved