Berita Banda Aceh

Golkar Aceh Sebut tak Mungkin Plt Gubernur Campuri Urusan Hukum Irwandi

Sekretaris DPD Partai Golkar Aceh, Syukri Rahmat memberikan pendapat terkait pernyataan Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf yang meminta...

Golkar Aceh Sebut tak Mungkin Plt Gubernur Campuri Urusan Hukum Irwandi
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Syukri Rahmat, Sekretaris DPD Partai Golkar Aceh. 

Golkar Aceh Sebut tak Mungkin Plt Gubernur Campuri Urusan Hukum Irwandi

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sekretaris DPD Partai Golkar Aceh, Syukri Rahmat memberikan pendapat terkait pernyataan Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf yang meminta Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyurati Presiden meminta agar dirinya dibebaskan dari persoalan hukum.

Syukri mengatakan bahwa tidak mungkin Nova mencampuri persoalan hukum yang sedang dihadapi oleh Irwandi. Apalagi menyurati Presiden, menurut Syukri, sangat tidak rasional untuk dilakukan karena itu sudah melampaui kewenangan yang dimiliki Plt Gubernur.

“Janganlah Pak Nova mencapuri urusan hukum (Irwandi). Dalam negara hukum, jangan Pak Nova, Presiden pun tidak bisa mengintervensi KPK dan hakim,” kata Syukri kepada Serambinews.com melalui telepon, Rabu (20/11/2019) malam.

Dia menyatakan dalam sistem hukum negara Indonesia, tidak mungkin eksekutif mencampuri urusan yudikatif, dalam hal ini penegak hukum. Setelah nanti ada keputusan, baru Presiden memiliki kewenangan yaitu grasi atau pengampunan bagi terpidana.

“Jadi tidak bisa diintervensi sebelum keputusan itu inkrah. Tidak ada yang bisa mengintervensi pengadilan,” ujar politisi partai berlambang pohon beringin tersebut.

620 Pelajar Se-Banda Aceh dan Aceh Besar Ikut Aneka Lomba Fatihversary IV

Tim Kemenpan RB Lakukan Evaluasi Zona Integritas pada Tiga Lembaga di Banda Aceh

Plt Gubernur Aceh Tinjau Lokasi Rawan Banjir di Cot Amun Aceh Barat

Kendati demikian, Syukri tetap berdoa agar Irwandi bisa segera bebas dari jeratan hukum. Karena saat ini, Irwandi yang ditahan dalam rumah tahanan negara (rutan) KPK sedang menunggu putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA).

“Kita berdoa semoga Pak Irwandi bisa kembali memimpin Aceh, walaupun kita tahu bahwa tidak mungkin Pak Nova melakukan intervensi untuk itu (membebaskan Irwandi). Semoga Pak Irwandi mendapat hukuman yang seadil-adilnya,” lanjutnya.  

Sebelumnya diberitakan, Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, menanggapi curahan hati Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Nova sebelumnya mengaku berat bekerja sendiri memimpin Aceh dan berharap Irwandi bisa segera bebas.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved