Dana Desa

Sekda Sedih, Jelang Akhir Tahun, 9 Desa belun Cairkan Dana Tahap I dan 17 Desa untuk Tahap II

Taqwallah mengatakan, rapat koordinasi penyerapan dana desa 2019 ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan, bagaimana caranya sisa waktu tahun anggara

SERAMBINEWS.COM/HERIANTO
Sekda Aceh Taqwallah sedang memberikan materi dalsm rakor percepatan penyerapan dana desa di Amel Cincention, Kota Banda Aceh, Jumat (29/11/2019) 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekda Aceh dr Taqwallah M Kes menyatakan dirinya sangat sedih, jika ada desa yang tidak bisa mencairkan dana, baik tahap I, tahap II maupun tahap III.

“Proses pencairan dana desa itu dibuat sederhana mungkin, tapi kenapa sampai kini menurut laporan Kadis PMG Aceh, Azhari Hasan, masih ada 9 desa di Aceh yang belum bisa mencairkan dana desa tahap I dan 17 desa untuk tahap II, sampai akhir November 2019 ini,” kata Taqwallah dalam rapat Koordinasi Dana Desa 2019 yang diselenggaran Dinas PMG Aceh, di Amel Convention Kota Banda Aceh, Jumat (29/11).

Taqwallah mengatakan, rapat koordinasi penyerapan dana desa 2019 ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan, bagaimana caranya sisa waktu tahun anggaran 2019 sekitar 30 hari lagi ini, dana desa tahun 2019 senilai Rp 4,9 triliun itu, bisa tersalur 100 persen.

Kalau tidak bisa tersalur 100 persen, kata Taqwallah, kita akan malu dengan Pemerintah Pusat, karena pemerintah pusat untuk tahun depan, telah menambah alokasi dana desa Aceh Rp 150 miliar menjadi Rp 5,05 triliun, dari sebelumnya Rp 4,9 triliun.

Salah satu tujuan dari rakor yang laksanakan ini, lanjut Taqwallah, adalah untuk membahas desa yang belum bisa cair dana desa tahap I, II dan III itu, bisa secepatnya mencairkan dana desanya.

BREAKING NEWS - Longsor Kembali Timbun Jalan Nasional, Lalu Lintas Aceh - Medan Lumpuh

Dua Gedung Mangkrak di Bireuen tidak Dialokasikan Anggaran Tahun 2020, Ini Sebabnya

Adelia Bocah Tenggelam di Sungai Tamiang belum Ditemukan, Tim SAR Perluas Area Pencarian

Menurut laporan dari Kadis PMG Aceh, Azhari Hasan daya serap dana desa sampai 29 November 2019, baru mencapai Rp 3.528 triliun, atau baru sebesar 71,20 persen dari pagu Rp 4,955 triliun.

Ini artinya masih ada dana desa 2019 yang belum tersalur ke desa Rp 1,4 triliun lagi.

Dalam rakor ini, kata Sekda Aceh Taqwallah, sisa dana desa 2019 senilai Rp 1,4 triliun lagi itu, bagaimana caranya bisa tersalur seluruhnya kepada 6.4957 desa di Aceh.

Kalua ada masalah lakukan diidentifikasi, kemudian cari jalan sesuai prosedur, kemudian salurkan kembali dana desa tersebut, sebelum akhir bulan Desember 2019 nanti.

"Dalam Rakor ini, kita undang pihak Kejaksaan, Polda, BPK, dan pengawasan internal maupun eksternal lainnya, untuk menyampaikan pemikirannya terhadap masalah yang terjadi di desa. Kita cari solusi terbaiknya bersama," ujarnya. Sebab, kata dia, untuk membantu percepatan pembangunan infrastruktur dasar pedesaan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya di pedesaan, pusat sudah menambah pagu dana desa untuk Aceh tahun 2019 dari Rp 4,9 triliun menjadi Rp 5,05 triliun.

“Itikad baik pemerintah pusat itu, perlu kita respons dengan memberikan prestasi, daya serap dana desa tahun 2019 untuk Aceh bisa mencapai antara 97-100 persen,” ujar Taqwallah.(*)

Penulis: Herianto
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved