Rp 61 Miliar Anggaran BPKS Diblokir

Kemenkeu RI Blokir Anggaran BPKS, Ini Penjelasan Wakil Kepala BPKS

Plt Wakil Kepala BPKS, Islamuddin tidak membantah adanya pemblokiran anggaran dalam DIPA BPKS tahun 2020.

Kemenkeu RI Blokir Anggaran BPKS, Ini Penjelasan Wakil Kepala BPKS
SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA
Wakil Kepala BPKS Islamuddin ST dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (12/9/2019). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Plt Wakil Kepala BPKS, Islamuddin tidak membantah adanya pemblokiran anggaran dalam DIPA BPKS tahun 2020. 

“Betul, sebagian usulan anggaran dalam DIPA BPKS TA (Tahun Anggaran) 2020 diblokir oleh pihak Dirjen Anggaran Kemenkeu,” katanya menjawab Serambinews.com, Senin (2/12).

Dia menjelaskan, salah satu sebab utamanya diblokir karena pada saat DIPA itu disampaikan BPKS belum final dalam penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (RBA).

Sebagai Kementerian Lembaga Non Struktural yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU), selain menyampaikan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) setiap tahun anggaran, BPKS juga berkewajiban menyampaikan RBA.

Hanya saja pada saat DIPA itu diproses di Dirjen Anggaran Kemenkeu, BPKS belum menyampaikan RBA TA 2020. Hal itu disebabkan RBA pada saat itu sedang dilakukan proses konsultasi dengan pihak PPK BLU Kemenkeu.

Kementerian Keuangan RI Blokir Rp 61 Miliar Anggaran BPKS Tahun 2020 

MaTA Kritisi Rekrutmen Calon Manajemen BPKS, Ini Masalahnya

Rekrutmen Pimpinan BPKS Dibuka  

“Tapi, sekarang RBA tersebut sudah dikonsultasikan untuk kemudian akan disampaikan ke Dirjen Anggaran Kemenkeu pada saat revisi pembukaan blokir yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” jelas mantan wakil wali kota Sabang ini.

Dalam kesempatan itu, Islamuddin juga menjelaskan arah penggunaan anggaran BPKS. 

Menurutnya, sesuai dengan rencana strategis (renstra) baru, RKA BPKS tahun 2020 yang sedang disiapkan akan mengarahkan kepada kemudahan berinvestasi di Kawasan Sabang, termasuk penyiapan Peraturan Pelaksana dari sejumlah kewenangan yang telah dilimpahkan oleh pemerintah, termasuk prosedur dan suprastruktur lainnya.

Selain itu, peruntukkan anggaran 2020 untuk penyelesaian pekerjaan pembangunan pelabuhan nasional Balohan yang akan menyerap anggaran paling besar dalam 3 tahun terakhir ini (2018, 2019, 2020).

BPKS Usul Bandara dan Jembatan Pulo Aceh  

BPKS Sabang Terima Penghargaan dari Menkeu  

Lima Kali, BPKS Raih Penghargaan BMN Award, Sejak 2015

“Kemudian peruntukkan anggaran 2020  juga dialokasikan untuk pembenahan unit-unit yang mendatang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi BPKS. Kita berharap dengan dilakukan pembenahan pada unit-unit sumber pendapatan tersebut, PNBP BPKS akan meningkat di tahun 2020 dan tahun-tahun seterusnya,” katanya.

Selanjutnya, anggaran BPKS tahun 2020 juga dialokasikan untuk kegiatan promosi kawasan Sabang. “Dan tentunya untuk kegiatan rutin dan operasional lainnya,” demikian Islamuddin. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved