Berita Aceh Barat

Pemkab Aceh Barat Tetapkan Gampong Muslimin, Agar Syariat Islam Semakin Menggema Sampai ke Pelosok

Pemkab Aceh Barat menetapkan sejumlah gampong sebagai Gampong Muslimin. Tujuannya adalah agar bisa menggemanya syiar Islam sampai ke pelosok desa.

Pemkab Aceh Barat Tetapkan Gampong Muslimin, Agar Syariat Islam Semakin Menggema Sampai ke Pelosok
Foto/ Dok Kominfo Aceh Barat
Bupati Ramli MS saat membuka papan selubung dalam pencanangan Gampong Muslimin di Desa Tangkeh, Kecamata Woyla Timur, Senin (2/11/2019). 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS,COM, MEULABOH - Pemkab Aceh Barat menetapkan sejumlah gampong sebagai Gampong Muslimin.

Tujuannya adalah agar bisa menggemanya syiar Islam sampai ke pelosok desa.

Program penetapan gampong muslimin di sejumlah desa di Aceh Barat memiliki kekususan untuk meningkatkan pengetahuan agama yang lebih baik.

Selain itu, pengamalan Syariat Islam bagi masyarakat Aceh Barat khususnya di wilayah-wilayah terpencil yang jauh dari pusat kota bisa terlaksana dengan baik.

Hal itu ungkapkan Bupati Aceh Barat H Ramli MS saat pencanangan Program Gampong Muslimin yang dipusatkan di Desa Tangkeh, Kecamatan Woyla Timur, Senin (3/12/2019).

Polres Langsa Raih Peringkat Pertama Layanan SKCK Terbaik Se-Indonesia, Survei Kepuasan Masyarakat

Dana Desa Rp 1,7 M di Dua Gampong di Pidie Akan Gagal Dicairkan, Ini Masalahnya

Gadis 27 Tahun Diperkosa dan Dibunuh, Mayat Dalam Keadaan Terbakar, Polisi Tangkap 4 Pria

"Dengan adanya penerapan Gampung Muslimin di Kecamatan Woyla Timur ini, kita harapkan Syiar Islam bisa semakin menggema dan merata sampai ke pelosok-pelosok desa terpencil yang jauh dari pusat kota sehingga Syariat Islam di Aceh Barat semakin kuat," kata H Ramli MS.

Dijelaskannya, bahwa Program Gampung Muslimin terdapat beberapa kegiatan di antaranya, pelatihan tajhiz mayat, bimbingan menjadi imam shalat, fiqih keluarga, dan fiqih wanita.

Sehingga nantinya masyarakat kususnya generasi muda bisa mengerti bagaimana cara memandikan mayat, bisa menjadi khatib dan bisa menjadi imam shalat serta kaum perempuan dapat menutup aurat dengan benar.

Lebih lanjut kata Bupati Ramli MS, masyarakat juga dapat membentuk grup zikir, grup kasidah dan kelompok mejelis taklim di gampung muslimin sebagai media dakwah serta untuk meningkatkan semangat aktifitas keagamaan warga.

Sementara itu, Kepala Dinas DP3AKB Aceh Barat, Ena Herisna dalam laporannya mengatakan Program Kampung Muslimin telah diterapkan dan dilakukan pembinaam pada 4 gampong dalam Kecamatan Woyla Timur yaitu Gampong Tangkeh, Paya Baroe, Alue Kuyun dan Pasi Janeng.

Ena juga mengucapkan terima kasih kepada para SKPK yang selama ini ikut melakukan pembinaan pada desa yang telah diterapkan Program Gampung Muslimin diantaranya Dinas Pendidikan yang telah membentuk PAUD dan mengajarkan baca tulis.

Kemudian Dinas Perkebunan dan Peternakan yang telah melakukan pembinaan dan pelatihan dalam berkebun dan berternak serta Dinas Syariat Islam yang telah melakukan pembinaan dalam hal keagamaan. (*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved