Breaking News:

Aceh Hebat

Pemerintah Aceh Mulai Operasikan Pusat Kendali Bus Trans Koetaradja

Segala aktivitas dalam bus sekarang sudah bisa dipantau lewat pusat kendali ini, jadi orang yang melakukan tindak kriminal...

For Serambinews.com
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menempelkan Stiker Trans Koetaradja pada peresmian Pusat Kendali Bus Trans Koetaradja di Terminal Tipe A Batoh, Banda Aceh, Selasa (24/12/2019). 

BANDA ACEH, SERAMBINEWS.COM - Pemerintah Aceh resmi mengoperasikan Pusat Kendali Bus Trans Koetaradja di Terminal Tipe A Batoh, Banda Aceh, Selasa, (24/12/2019).

Kehadiran ruang Pusat Kendali Trans Koetaradja itu berfungsi untuk memantau kinerja dan mengawasi seluruh pergerakan bus yang telah dilengkapi teknologi sistem monitor operasional jarak jauh.

"Pemanfaatan teknologi ini merupakan upaya kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat meresmikan Pusat Kendali Bus Trans Koetaradja.

Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, MT bersama Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kadishub Aceh, Junaidi, Dirlantas Polda Aceh, Dicky Sondani
Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah, MT bersama Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kadishub Aceh, Junaidi, Dirlantas Polda Aceh, Dicky Sondani (For Serambinews.com)

Plt Gubernur mengatakan, dengan hadirnya fasilitas baru tersebut, keluhan dan permasalahan masyarakat saat memanfaatkan layanan transportasi Trans Koetaradja dapat ditangani dengan cepat sehingga penumpang akan merasa nyaman dan aman.

"Segala aktivitas dalam bus sekarang sudah bisa dipantau lewat pusat kendali ini, jadi orang yang melakukan tindak kriminal seperti copet, pelecehan seksual sudah bisa diawasi," kata Nova.

Nova: Silakan Benci Saya, Tapi Jangan Benci Pemerintah Aceh

Nova mengatakan, inovasi baru itu hadir di Aceh berkat kerjasama semua pihak, mulai dari Pemerintah Aceh dan Pemko Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala dan juga pihak swasta. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi demi memajukan Aceh.

Nova mengatakan, keberadaan Trans Koetaradja merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mengubah kebiasaan mobilisasi masyarakat. Bahkan, lanjut dia, Pemerintah Aceh juga merencanakan membangun transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) di Banda Aceh, demi menghadirkan transportasi yang cepat dan ramah lingkungan.

Tahun Depan, Halte Trans Koetaradja Bandara SIM akan Dibangun Permanen

"Untuk itu, saya menghimbau masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar untuk mulai memanfaatkan fasilitas angkutan bus ini, dengan mengurangi penggunaan angkutan pribadi. Dengan demikian masyarakat dapat membantu kelancaran lalu lintas, mengurangi penggunan BBM, mengurangi pencemaran udara, dan tentu saja akan lebih hemat," tutur Nova.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Aceh, Junaidi, mengatakan, Trans Koetaradja yang telah beroperasi sejak 2017 itu telah melayani lebih dari empat juta penumpang.

Junaidi mengatakan, Pusat Kendali Bus Trans Koetaradja merupakan tempat berbasis teknologi untuk meningkatkan pengawasan terhadap operasional Trans Koetaradja.

Halaman
12
Editor: Hari Teguh Patria
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved