Berita luar negeri

'Kapal Hantu' Terdampar di Pantai, Ditemukan 5 Mayat dan 2 Kepala Manusia

Setidaknya lima mayat dan dua kepala manusia dilaporkan ditemukan dalam " kapal hantu" yang terdampar di pantai Jepang.

'Kapal Hantu' Terdampar di Pantai, Ditemukan 5 Mayat dan 2 Kepala Manusia
(EBU via BBC)
Inilah puing-puing kapal hantu yang ditemukan di Pulau Sado, Jepang, pada Jumat pekan lalu (27/12/2019). Di dalamnya, polisi menemukan kepala dan mayat manusia. 

SERAMBINEWS.COM - Setidaknya lima mayat dan dua kepala manusia dilaporkan ditemukan dalam " kapal hantu" yang terdampar di pantai Jepang.

Reruntuhan perahu itu ditemukan di pesisir Pulau Sado, barat laut pulau utama, pada Jumat (27/12/2019), dengan otoritas baru mengeceknya Sabtu (28/12/2019).

Dilansir BBC Minggu (29/12/2019), di dalam perahu itu, polisi Jepang menemukan adanya huruf Korea yang ditulis di dalamnya.

Mahasiswa Lapor ke Polda, Mengaku Jadi Korban Salah Tangkap Polisi, Dianiaya Karena Dituduh Merampok

Polisi tidak bisa menyimpulkan jika kepala manusia yang ditemukan bagian dalam mayat itu.

Namun, sebagian jenazah itu "hampir menjadi kerangka".

Penegak hukum menyatakan, temuan itu mengindikasikan bahwa mereka yang ada di dalam kapal sudah terombang ambing di laut sejak lama.

" Kapal hantu" itu diyakini berasal dari Korea Utara, dan disebut sudah jamak ditemukan terdampar di perairan Jepang.

Saat ditemukan, bagian dalam kapal itu kosong atau berisi mayat manusia. Saat musim dingin, kelaparan dan terkena udara dingin diduga jadi penyebab kematian mereka.

Seorang Pria Tewas Setelah Jatuh dalam Mesin Pengiris Daging di Malaysia

Dalam temuan sebelumnya, jenazah itu diduga merupakan pembelot atau bahkan mata-mata yang dikirim langsung oleh Pyongyang.

Namun, ada juga spekulasi yang menyatakan mereka adalah rakyat biasa yang terpaksa melaut lebih jauh karena faktor kemiskinan.

Pada 2017, sebuah kapal nelayan ditemukan dengan kru di dalamnya masih hidup, di mana mereka meminta dikembalikan ke Korea Utara.

Tensi panas yang terjadi antara Tokyo dengan negara komunis bisa membuat penyelidikan "kapal hantu" tersebut lebih sulit.

Di November, Pyongyang sempat mengancam Jepang dengan "rudal balistik sungguhan", dan menyebut Perdana Menteri Shinzo Abe "dungu sempurna".

Kemudian pekan lalu, kantor berita NHK melayangkan permintaan maaf setelah tidak sengaja memberitakan uji coba rudal Korut.

Coast Guard China Masuk Perairan Natuna, Begini Reaksi Pemerintah Indonesia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Mayat dan 2 Kepala Manusia Ditemukan dalam "Kapal Hantu" di Pantai Jepang",

Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved