Berita Aceh Tengah

Sepanjang Tahun 2019, Ada 3.676 Warga Pindah ke Aceh Tengah

Jumlah pendatang yang pindah ke Kabupaten Aceh Tengah sepanjang tahun 2019, lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah warga Aceh Tengah ...

Sepanjang Tahun 2019, Ada 3.676 Warga Pindah ke Aceh Tengah
SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Tengah, Mustafa Kamal SSTP MPA. 

Sepanjang Tahun 2019, Ada 3.676 Warga Pindah Ke Aceh Tengah

Laporan Mahyadi | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Jumlah pendatang yang pindah ke Kabupaten Aceh Tengah sepanjang tahun 2019, lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah warga Aceh Tengah yang pindah ke daerah lain.

Meski selisihnya tidak terlalu besar, tetapi yang memilih menetap di Aceh Tengah lebih mendominasi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tengah, sepanjang tahun 2019, terdapat 3.676 jiwa yang datang ke Aceh Tengah, dengan rincian yang berasal kabupaten lain di Aceh, sebanyak 2.580 jiwa. Sedangkan sisanya sebanyak 1.096 jiwa dari provinsi lain.

Sementara itu, total jumlah masyarakat yang pindah keluar Kabupaten Aceh Tengah di tahun 2019, sebanyak 3.134 jiwa. Dari jumlah tersebut pindah ke sejumlah kabupaten/kota di Aceh sebanyak 2.404 jiwa dan antar provinsi sejumlah 730 jiwa.

“Dengan demikian, ada selisih pertambahan penduduk yang datang dari luar daerah sebanyak 542 jiwa sepanjang tahun 2019 lalu,” kata Kadisdukcapil Kabupaten Aceh Tengah, Mustafa Kamal yang ditemui Serambinews.com, Jumat (17/1/2020).

Kebakaran Siang Bolong, Satu Keluarga Miskin di Jeunieb Kehilangan Tempat Tinggal

Camat Bandar Ingatkan Reje Kampung Jangan ada Lagi yang Terjerat Hukum dalam Pengolaan Dana Desa

Nelayan Aceh Barat Meninggal di Laut, Diduga akibat Sesak Napas

Menanggapi adanya pertambahan penduduk di Aceh Tengah, Rektor Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon, Amiruddin memperkirakan, terjadinya pertambahan penduduk yang datang dari sejumlah daerah di Aceh maupun dari provinsi lain dilatar belakangi beragam faktor diantaranya untuk bekerja, mencari peluang usaha serta sebagian menempuh pendidikan.

“Kalau yang pindah dari Aceh Tengah ke luar daerah, lebih banyak untuk menempuh pendidikan lanjutan seperti masuk pesantren ataupun kuliah. Bisa kita lihat, berapa jumlah siswa tamat setiap tahun, dan sebagian melanjutkan pendidikan di luar daerah, seperti dalam provinsi maupun ke luar provinsi,” sebutnya.

Amiruddin menyebutkan, pertambahan penduduk karena faktor warga daerah lain masuk ke Aceh Tengah, menjadi indikator bahwa kabupaten yang berada di wilayah tengah Provinsi Aceh ini, secara ekonomi sudah sangat baik. Bahkan, menjadi sasaran untuk mencari peluang usaha.

“Tentu semua itu, didukung dengan situasi yang kondusif sehingga orang mulai nyaman tinggal di Aceh Tengah,” sebut Amiruddin.

Apalagi, lanjutnya, Aceh Tengah, merupakan destinasi ketiga di Provinsi Aceh, setelah Banda Aceh dan Sabang, sehingga membuat sasaran bagi warga lain untuk mencari peluang di Aceh Tengah.

“Seperti kita tahun, beberapa warga Sinabung, Sumatera Utara, ada yang sudah bertani di beberapa tempat di daerah kita ini, karena memang daerah kita punya potensi,” pungkasnya.(*)

Eks Ketua Panwaslu Dihukum Cambuk, Bersama Pasangan Mesum

Pernikahan Beda Negara, Ibunya Dipulangkan ke Kamboja, Dua Bocah di Aceh Timur Diasuh Neneknya

Praktekkan Pelajaran Reproduksi, Seorang Guru Biologi Rudapaksa Muridnya Selama 2 Tahun

  

Penulis: Mahyadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved