Berita Aceh Selatan

STAI Tapaktuan dan Baitul Mal Aceh Selatan Sosialisasikan Modal Usaha Syariah

Jika pinjaman ini lancar, maka ke depan akan ditambah dengan nominal modal yang lebih besar.

STAI Tapaktuan dan Baitul Mal Aceh Selatan Sosialisasikan Modal Usaha Syariah
Hand-over kiriman warga.
STAI Tapaktuan bekerjasama dengan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan menggelar sosialisasi dan penyuluhan modal usaha Syariah kepada pedagang mikro dan kecil di Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (18/01/2020). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tapaktuan bekerjasama dengan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan menggelar sosialisasi dan penyuluhan modal usaha Syariah kepada pedagang mikro dan kecil di Kabupaten Aceh Selatan. Acara yang berlangsung di Aula STAI Tapaktuan ini dibuka oleh Ketua STAI Tapaktuan, Maidar Darwis M.Ag, Sabtu (18/01/2020).

"Acara ini dihadiri oleh 50 orang yang terdiri dari 19 orang mahasiswa Perbankan Syariah angkatan 2016 yang akan magang serta 31 orang para pedagang mikro dan kecil yang akan mendapakan pinjaman modal usaha Syariah," kata Ketua Panitia, Taufik Hidayat Harahap, S.HI, M.Ag.

Taufik menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang akan magang program pendampingan pedagang usaha mikro dan kecil berjumlah 19 orang.

Setiap orang akan mendampingi 3 orang pedagang mikro dan kecil sehingga total pedagang berjumlah 57 orang.

"Dengan rincian sekitar 19 orang berasal dari pedagang sayur Pasar Inpres Tapaktuan dan 38 orang lagi berasal dari gampong mahasiswa tersebut. Adapun jenis usaha ke 38 orang tersebut bervariasi seperti jualan kue, gorengan, kios, ternak bebek/ayam, bakso dan lain sebagainya," paparnya.

Melalui program magang ini, lanjut Taufik, mahasiswa akan mendampingi pedagang usaha kecil selama satu bulan penuh tidak hanya sekedar memberikan modal dan mengutip cicilannya akan tetapi yang lebih substansi adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya berdagang yang halal bukan bergelimang dengan riba.

"Kemudian juga akan diberikan bimbingan dan arahan terkait dengan pencatatan transaksi keuangan atau membuat pembukuan, manajemen usaha, dan lain sebagainya," ulas Taufik.

Sementara itu, Ketua STAI Tapaktuan, Maidar Darwis M.Ag dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Baitul Mal terhadap STAI Tapaktuan untuk mengelola penyaluran modal usaha syariah terhadap pedagang usaha mikro dan kecil di Kabupaten Aceh Selatan.

Selanjutnya Maidar menjelaskan STAI Tapaktuan harus menjadi kampus yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat bukan seperti mercu suar tanpa membumi dengan masyarakat di lingkungannya.

Halaman
12
Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved