Berita Abdya

Dana BOS belum Cair, Kepsek di Abdya Pakai Uang Pribadi untuk Kebutuhan Operasional

Kendala lantaran belum cair dana BOS Tahap I tahun 2020 juga dikemukakan Kepala SMPN 1 Kuala Batee, Kafrawi.

Dana BOS belum Cair, Kepsek di Abdya Pakai Uang Pribadi untuk Kebutuhan Operasional
FOTO DOK ZULBAILI
Murid SDN 13 Kuala Batee di Desa Lama Tuha, Kabupaten Abdya berfoto bersama dengan guru, Rabu (12/2/2020). Sekolah ini berada di kawasan terpencil atau pesisir Samudera Hindia. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Para kepala sekolah (SD,SMP,SMA/SMK/SLB) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dilaporkan menggunakan uang pribadi untuk kebutuhan operasional sekolah.

Malahan, ada sebagian kepala sekolah harus mengutang dulu pada toko yang menyediakan ATK (alat tulis kantor) dan buku paket.

Hal ini disebabkan belum cair dana BOS (bantuan operasional sekolah) tahun 2020 hingga memasuki pertengahan bulan Februari ini.

Peristiwa belum cair dana BOS triwilan I atau tahap I 2020 membuat pusing para kepala sekolah  setempat. Sebab, Proses Belajar Mengajar (PBM) tidak mungkin terhenti, sementara anggaran operasional belum tersedia.  

Kepala  SDN 13 Kuala Batee, Zulbaili kepada Serambinews.com  menjelaskan, pengadaan bahan operasional yang mendesak digunakan uang pribadi. Seperti kebutuhan kertas, spidol, kapur, termasuk peralatan kebersihan.

SDN 13 di Gampong Lama Tuha merupakan sekolah berada di lokasi terpencil Kecamatan Kuala Batee. Sekolah lokasi kawasan pesisir ini terdapat 70 murid dengan 8 guru PNS ditambah kepala sekolah dan 7 guru honorer daerah dan 1  penjaga sekolah.

Kendala lantaran belum cair dana BOS Tahap I tahun 2020 juga dikemukakan Kepala SMPN 1 Kuala  Batee, Kafrawi.

“Kebutuhan ATK, kami tanggulangi dulu dengan dana pribadi, sedangkan belanja barang dan jasa  yang butuh agaran lumayan besar ditunda dulu menunggu cair dana BOS,” katanya. 

SMPN 1 Kuala Batee memiliki 308 siswa dengan 17 guru PNS dan 19 guru honorer.

Halaman
1234
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved