Transformasi IAIN

Kementerian Agama Dukung Transformasi IAIN Langsa Menuju Universitas Islam Negeri

Transformsi kelembagaan itu sebuah keharusan untuk menjadikan peguruan tinggi sebagai instrumental dalam meningkatkan SDM di negeri ini

Kementerian Agama Dukung Transformasi IAIN Langsa Menuju Universitas Islam Negeri
SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA, saat memberikan orasi ilmiah di Kampus IAIN Langsa, Jumat (14/02/2020). 

Laporkan Zubir I Langsa

 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) mendukung Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa untuk bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Negeri (Dirjen Pendis) Kemenag RI, Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA, Jumat (14/2/2020), usai mengisi orasi ilmiah, di aula Laboratorium Terpadu kampus IAIN setempat.

Menurut Prof Kamaruddin Amin, IAIN Langsa merupakan perguruan tinggi negeri dibawah Kemenag RI, maka Kemenag RI mendukung 100 persen transformasi kampus ini ke UIN.

Baik dari sisi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan kelembagaan, serta operasionalnya.

"Transformsi kelembagaan itu sebuah keharusan untuk menjadikan peguruan tinggi sebagai instrumental dalam meningkatkan SDM di negeri ini," ujarnya.

Dinas Syariat Islam Gayo Lues Gencarkan Penyuluhan Keliling ke Pemilik Warung

Wapres Maruf Amin Minta Khatib Punya Komitmen Kebangsaan, Tak Bangun Permusuhan Saat Ceramah

MPA Gelar Raker di Kota Takengon, Ini yang Dibahas

Namun tambahnya, tentu ada hal-hal yang harus dipersiapkan oleh pihak IAIN Langsa, termasuk sumber daya manusian dan kelembagaannya. Transformasi ini juga menjadi visi Kemenag RI dan visi negara.

"Jadi, sesungguhnya transformasi ini memungkinkan nanti diberikan amanah atau mandat yang lebih besar kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi Indonesia," ujarnya.

Wakil Wali Kota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM yang hadir ke IAIN Langsa menyambut kedatangan Dirjen Pendis Kemenag RI, juga memberikan dukungan untuk peralihan status IAIN menjadi UIN.

Dikatakannya, cita-cita IAIN Langsa untuk menjadi UIN mendapat dukungan penuh Pemko dan masyarakat sesuai dengan kemampuan.

Halaman
12
Penulis: Zubir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved