Breaking News:

Keterbukaan Informasi

Komisi Informasi Aceh Sebut Banyak Badan Publik belum Patuh Terhadap UU Keterbukaan Informasi

Ketidak patuhan itu terjadi karena badan publik itu belum memahami sepunuhnya isi undang-undang tersebut.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Yusmadi
SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH
Pemimpin Redaksi (Pimred) Serambi, Zainal Arifin mendengarkan penjelasan Ketua KIA, Yusran didampingi Wakil Ketua, Arman Fauzi dan tiga komisioner, Tasmiati Emsa, Hamdan Nurdin, serta Nurlaily Idrus saat melakukan silaturahmi ke Kantor Harian Serambi Indonesia, Desa Meunasah Menyang, Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (11/3/2020). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Komisi Informasi Aceh (KIA) mengungkapkan masih banyak badan publik yang tidak patuh terhadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ketidak patuhan itu terjadi karena badan publik itu belum memahami sepunuhnya isi undang-undang.

Pernyataan itu disampaikan Komisioner KIA saat melakukan silaturahmi ke Kantor Harian Serambi Indonesia, Desa Meunasah Menyang, Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (11/3/2020).

Mereka yang hadir yaitu Yusran (Ketua KIA), Arman Fauzi (Wakil Ketua KIA), dan tiga komisioner, Tasmiati Emsa, Hamdan Nurdin, serta Nurlaily Idrus.

Kedatangan rombongan disambut Pemimpin Redaksi (Pimred) Serambi, Zainal Arifin dan Manajer Online, Safriadi Syahbuddin.

“Jadi pemahaman dan kepatuhan badan publik hari ini belum mengimplementasikan isi undang-undang,” kata Komisioner KIA, Tasmiati Emsa.

Belum patuhnya badan publik diyakini karena masih kurangnya sosialisasi mengenai UU Keterbukaan Informasi.

Kendati demikian, KIA tetap berupaya memberikan pemahaman kepada badan publik mengenai informasi apa saja yang terbuka dan dikecualikan ketika ada pemohon yang meminta.  

Sementara Ketua KIA, Yusran mengaku saat ini tidak terlalu banyak lagi badan publik yang tidak patuh terhadap keterbukaan informasi publik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved