Breaking News:

Pemerintah Aceh Harus Siap Lakukan Lockdown Jika Wabah Corona Semakin Meluas di Indonesia

Jika Covid-19 semakin meluas, kita harus siap (melakukan lock down), terutama Pemerintah Aceh. Tetapi pemerintah harus bisa menyediakan logistik

Penulis: Yocerizal | Editor: Yocerizal
serambinews.com
Anggota DPRA, dr Purnama Setia Budi, saat bertemu Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto, Jumat (31/1/2020), membahas soal wabah virus Corona. 

Pemerintah Aceh Harus Siap Lakukan Lockdown Jika Wabah Corona Semakin Meluas di Indonesia

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Anggota DPRA, dr Purnama Setia Budi, mengingatkan Pemerintah Aceh untuk melakukan upaya antisipasi jika ternyata penyebaran virus Covid-19 atau virus Corona semakin meluas di Indonesia.

Upaya antisipasi dimaksud adalah dengan melakukan lockdown untuk membatasi lalu lintas orang ke luar masuk, sekaligus mencegah masuk dan menyebarnya virus Corona di Aceh.

Berdasarkan kamus Bahasa Inggris, lockdown artinya kuncian. Maksudnya, negara yang terinfeksi virus Corona mengunci akses masuk dan keluar untuk mencegah penyebaran virus Corona yang lebih luas.

Lockdown juga diikuti dengan larangan mengadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang, penutupan sekolah, hingga tempat-tempat umum.

Dengan begitu, risiko penularan virus corona pada masyarakat di luar wilayah lockdown bisa berkurang.

Lockdown memiliki arti yang sama dengan isolasi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, isolasi berarti pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia yang lain.

Harga Tiket Pesawat Banda Aceh Tujuan Jakarta Turun Gara-gara Virus Corona, Rp 912.000 Per Orang

Ini Video Viral Suara Azan di Kuwait Akibat Wabah Virus Corona, Berbeda dari Biasanya

Antisipasi Corona, ASN dan Kantor Pemerintah Aceh Libur atau Tidak? Ini Penjelasan Sekda Taqwallah

Menurut Purnama, kondisi Indonesia dan Aceh saat ini yang telah meliburkan sekolah-sekolah dan mengimbau PNS bekerja di rumah sudah termasuk semi lockdown.

“Itu artinya kita sudah melakukan isolasi di rumah. Mengurangi aktivitas dan tidak berada di keramain itu sudah hampir menyurupai lockdown, makanya kita menyebut semi lockdown,” jelas Purnama.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved