Waspada Corona di Aceh Utara

Dinas Kesehatan Aceh Utara Siapkan Rp 2 Miliar untuk Tangani Corona, Ini Barang yang Akan Dibeli

Kebutuhan awal seperti masker, sanitizer, alat pelindung diri, cairan desinfektan, kemudian biaya sosialisasi dan promosi virus corona.

Dok Dinas Kesehatan Aceh Utara
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin SKM bersama petugas medis setempat. 

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Dinas Kesehatan Aceh Utara sudah menyediakan dana Rp 2 Miliar untuk pengadaan pencegahan dan penangan corona virus Disease 2019 (Covid -19).

Sebab Dinas Kesehatan belum memiliki alat kesehatan yang memadai dalam dalam penangan virus tersebut.

“Dalam rangka penanganan Corona di Aceh Utara sebagai dana tahap awal kita siapkan Rp 2 miliar. Dana tersebut sudah ada di Dinas Kesehatan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara Amir Syarifuddin kepada Serambinews.com, Minggu (22/3/2020).

Disebutkan, dalam waktu dekat dirinya akan membicarakan pengadaan alat yang dibutuhkan petugas medis dengan pihak ketiga. “Kita sangat cepat tanggap, kita rapat tiga hari tiga malam,” ujar Amir.

Dana tersebut untuk tahap awal. Bila nanti membutuhkan dana tambahan, akan dicari solusi lagi ke depannya.

Dana tersebut akan digunakan untuk Dinas Kesehatan, Puskesmas dan RSU Cut Meutia Aceh Utara untuk pengadaan kebutuhan awal.

“Kebutuhan awal itu seperti masker, sanitizer, alat pelindung diri, kemudian cairan desinfektan. Kemudian biaya sosialisasi dan promosi virus corona,” ujar Kepala Dinas Kesehatan.

Promosinya sudah dilakukan dengan sosialisasi oleh petugas ambulance yang menggunakan pengeras suara, baliho, kemudian selebaran yang ditempel di warung kopi, sehingga informasi tersebut sampai ke lapisan masyarakat.

Dana Rp 2 miliar itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kesehatan untuk pencegahan dan preventif corona.  “Kita terus bergerak dan tidak boleh diam dalam pencegahan virus corona tersebut,” katanya.

Untuk pengadaan kebutuhan awal tersebut kata Amir, dirinya akan duduk dulu dengan pihak ketiga yang akan menyediakan bahan tersebut.

“Yang penting barang masuk dulu, soal mekanismenya apakah tunjuk melalui perusahaan atau tanggap darurat itu kita pikirkan nanti prosedurnya, yang penting barang masuk dulu,” pungkas Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara.(*)

Cegah Virus Corona, Tim Gabungan Usir Lima Kapal Yacht dari Australia di Perairan Nagan Raya

Sopir Hilang Kendali, Truk Terbalik dan Menimpa Bocah di Bener Meriah

Sejumlah Negara di Eropa Berlakukan Lockdown, Pengusaha Udang Vaname di Aceh Barat Terancam Bangkrut

Plt Gubernur Nova Tinjau Laboratorium Pemeriksaan Spesimen Virus Corona di Aceh

Penulis: Jafaruddin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved