VIRUS CORONA SERANG DUNIA

China dan AS Setuju untuk Bekerja Sama Perangi Virus Corona, Pengamat: Sampai Kapan?

Xi Jinping dan Donald Trump setuju untuk bekerja sama dalam memerangi virus corona atau Covid-19.

Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden China, Xi Jinping, berbicara dalam forum ekonomi. Keduanya menyepakati perdagangan senilai 250 miliar dolar AS atau Rp 3.379 triliun (9/11/2017).(Fred Dufour/AFP) 

SERAMBINEWS.COM – Xi Jinping dan Donald Trump setuju untuk bekerja sama dalam memerangi virus corona atau Covid-19.

Mengingat hubungan yang sengit diantara keduanya, kesepakatan ini pun menimbulkan pertanyaan dari para pengamat tenatang berapa lama ‘gencatan senjata’ ini akan bertahan.

Dikutip dari South China Morning Post, Presiden Donald Trump pada Jumat (27/3/2020) mengatakan bahwa kedua negara (China-AS) telah sepakat untuk bekerja sama.

Sementara itu, Xi Jinping mengatakan, China akan mendukung AS tetapi juga meminta Washington untuk mengambil langkah konkret untuk mendorong kerjasama.

Percakapan telepon antara dua pemimpin negara tersebut terjadi setelah G20 berjanji untuk bekerja sama menangani pandemi virus corona di dunia.

Sebagaimana diketahui, hubungan dua negara tersebut sempat memanas dimana masing-masing pihak saling menyalahkan terkait virus corona yang kini telah menginfeksi lebih dari 525 ribu orang di seluruh dunia.

Selain itu, ketegangan juga muncul lantaran Trump yang menyebut virus corona sebagai ‘Chinese virus’.

Para pengamat pun mengatakan, hubungan positif antara China dan Amerika Serikat ini mungkin tidak berlangsung lama.

Hal tersebut didasarkan pada penyebab lain dari ketegangan dalam hubungan mereka dan berpendapat bahwa para pejabat mungkin terus memainkan permainan salaing menyalahkan.

Liu Weidong, seorang spesialis dalam hubungan AS-Cina dari Akademi Ilmu Sosial Tiongkok, mengatakan percakapan telepon tidak akan mengubah penurunan hubungan kedua pihak.

Halaman
1234
Editor: Amirullah
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved