Breaking News:

Jamkesnews

Physical Distancing, Pra Rekonsiliasi Peserta JKA Dilakukan Secara Video Conference

Rekonsiliasi data peserta JKA sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemerintah Aceh dilaksanakan secara rutin,.

For Serambinews.com
Physical Distancing, Pra Rekonsiliasi Peserta JKA Dilakukan Secara Video Conference 

Physical Distancing, Pra Rekonsiliasi Peserta JKA Dilakukan Secara Video Conference

SERAMBINEWS.COM, Banda Aceh, - BPJS Kesehatan bersama Pemerintah Aceh melakukan Pra Rekonsiliasi Tahap I Data Peserta Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Tahun 2020 secara Video Conference untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran wabah Virus Corona (Covid – 19) pada Jum’at (27/3).

Turut melakukan Video Conference tersebut adalah Tim Rekonsiliasi Data JKA Tahun 2020 yang terdiri dari unsur Pemerintah Aceh seperti Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Kabid Pembinaan Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Aceh dan unsur BPJS Kesehatan seperti Asisten Deputi Bidang Perencanaan, Iuran & Keuangan serta Plh. Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Kinerja Kantor Cabang Wilayah Sumatera Utara & Aceh dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh.

Hindari Keramaian, Urus JKN-KIS Bisa Melalui Mobile JKN dan Care Center

Social Distancing Diganti Physical Distancing, Ini Beda Istilah untuk Pencegahan Virus Corona Itu 

“Rekonsiliasi data peserta JKA sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama dengan Pemerintah Aceh dilaksanakan secara rutin dengan tujuan untuk menjaga agar valid dan akuratnya data peserta yang berefek kepada akuratnya iuran yang akan dibayarkan oleh Pemerintah Aceh kepada BPJS Kesehatan, sebelum dilaksanakan rekonsiliasi tersebut maka pada hari ini untuk awalnya kita melaksanakan pra rekonsiliasi terlebih dahulu, perlu disampaikan bahwa Pemerintah Aceh secara konsisten sejak tahun 2010 yaitu era PT. Askes (Persero) terus menjaminkan kesehatan masyarakatnya hingga saat ini dan merupakan salah satu provinsi dengan kategori Universal Health Coverage (UHC), untuk peserta awal di tahun 2020 ini yang didaftarkan oleh Pemerintah Aceh berjumlah 2.090.660 jiwa penduduk Aceh,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh Neni Fajar.

Hindari Keramaian Untuk Mencegah Covid-19, Kegiatan Safari Subuh di Pidie Distop

Dana Desa untuk Bantu Warga Miskin yang Mengisolasi di Rumah

Sambungnya, ada yang berbeda kali ini dalam melakukan rekonsiliasi data peserta JKA yaitu  pemadanan data antara data peserta JKA yang terdapat di masterfile BPJS Kesehatan dicocokkan dengan data kependudukan Aceh yang terdapat di DRKA, biasanya dilakukan secara tatap muka atau pertemuan secara langsung, namun katanya ditengah pendemi Virus Corona kegiatan rekonsiliasi ini dilaksanakan secara Video Conference untuk mengurangi kontak langsung yang merupakan salah satu penerapan dari Physical Distancing atau menjaga jarak fisik satu sama lain dalam pencegahan penyebaran Virus Corona.

Sementara itu, Kepala DRKA, T. Syarbaini menyambut baik dengan diadakannya rekonsiliasi secara Video Conference ditengah pendemi Virus Corona dan menurutnya hal ini dirasa sangat efektif serta juga merupakan anjuran pemerintah untuk Physical Distancing dan khususnya Pemerintah Aceh telah mengharuskan setiap rapat dilakukan secara Video Conference.

VIDEO - Update Covid-19 Aceh, Jumat 27 Maret 2020: Sudah Empat Orang Positif Terinfeksi Corona

Gula Mulai Diangkut ke Aceh, Hasil Koordinasi Polda Aceh-Polda Sumut

“Video Conference yang dilaksanakan hari ini terutama dengan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera dan Aceh yang ada di Medan, ini merupakan upaya untuk menjaga agar personal kita bisa aman dan tidak tertular sekaligus sebagai usaha untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona dan kita juga melihat rapat ini cukup efektif dimana para pihak dapat berkomunikasi dengan baik kemudian juga dapat saling melihat satu sama lain melalui video selayaknya pertemuan secara langsung dalam sebah ruangan sehingga dalam diskusi tersebut dapat dilakukan secara terbuka artinya tidak ada yang ditutupi yang pada akhirnya dapat menghasilkan kesepakatan seperti pada hari ini,” ungkapnya.(*)

Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved