Breaking News:

Ramadhan 2020

Panduan Ibadah Ramadhan 2020 dari Kemenag: Shalat Tarawih di Rumah, Dilarang Acara Buka Bersama

Jelang bulan suci Ramadhan di tengah pandemi corona, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau masyarakat untuk menjalankan ibadah dari rumah.

SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Tarawih malam pertama Ramadhan 1440 Hijriah. 

SERAMBINEWS.COM - Jelang bulan suci Ramadhan di tengah pandemi corona, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau masyarakat untuk menjalankan ibadah dari rumah.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamarudin Amin dalam siaran langsung konferensi pers kanal BNPB, Jumat (17/4/2020).

Kamaruddin mengatakan, di tengah pandemi corona, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan di rumah.

"Pemerintah mengimbau agar seluruh umat Islam tetap berada di rumah, melaksanakan ibadah di rumah saja," ujar Kamaruddin.

Kamaruddin mengatakan, anjuran itu sesuai dengan hadist Rasulullah SAW ketika terjadi wabah di suatu negeri.

"Karena di dalam hadis Rasulullah SAW dikatakan kita tidak boleh mencari atau menjemput bahaya dan juga tidak boleh menularkan bahaya itu kepada orang lain," kata Kamaruddin.

Menurut Kamaruddin saat kondisi di tengah pandemi seperti ini, tempat ibadah bisa menjadi sarana penularan wabah karena berkerumun.

"Jangan sampai kita menjemput bahaya, kita berkerumun di suatu tempat."

"Termasuk di tempat-tempat ibadah, itu sangat berpotensi untuk kita membahayakan diri kita dan juga orang lain," ujarnya.

Ia juga menagatakan, untuk situasi sekarang ini, wajib hukumnya untuk tetap berada di rumah dan menjalankan ibadah dari rumah.

Halaman
1234
Editor: Faisal Zamzami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved