Breaking News:

Sidang Tesis Online

Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry Sidang Tesis Via Online

“Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan akademik saat pandemik Covid-19, jangan sampai menghambat mahasiswa yang ingin...

Editor: Eddy Fitriadi
DOK UIN AR-RANIRY
Rosmiati saat mengikuti sidang tesis secara online di ruang perpustakaan Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Jumat (17/4/2020). 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -  Tak hanya belajar jarak jauh, sejumlah mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melakukan ujian tugas akhir (tesis) online.

Salah satu program studi di UIN Ar-Raniry, yakni program magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2 KPI) telah melaksanakan sidang tesis mahasiswa secara online, dan berhasil meluluskan seorang mahasiswa secara daring.

Ketua Prodi S2 KPI UIN Ar-Raniry, Dr Abdul Rani Usman MSi dalam rilis yang diterima Serambinews.com, Jumat (17/4/2020) mengatakan, seorang mahasiswa prodi Magister KPI UIN Ar-Raniry telah mengikuti sidang akhir tesis secara online.

“Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan akademik saat pandemik Covid-19, jangan sampai menghambat mahasiswa yang ingin segera menyelesaikan kuliahnya,” kata Rani.

Namun kata Abdul Rani, walaupun dilakukan secara online, pihaknya tetap menjaga standar kualitas proses akademik sebagaimana yang telah ditetapkan.

Dia menyatakan, tidak ada alasan untuk tidak menyelesaikan kuliah walau dengan status “Di Rumah Saja”.

Untuk menyelesaikan tugas banyak, banyak cara yang dapat dilakukan. Bahkan perpustakaan Pascasarjana UIN Ar-Raniry tetap buka walau dengan pelayanan terbatas.

Atasi Virus Corona, Tim Kimia UIN Ar-Raniry Berhasil Kembangkan Hand Sanitizer Buatan Sendiri

Waspada Corona di Aceh, UIN Ar-Raniry Berlakukan Kuliah Online

Ini Alasan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Amankan Alat Islamic Jammer dari UIN Ar-Raniry

Sementara Sekretaris Prodi S2 KPI, Azman Sulaiman SSosI MIKom menambahkan, mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang tesis tersebut bernama Rosmiati (Nim:281625552).

Tesisnya berjudul “Prinsip-Prinsip Komunikasi Dalam Bimbingan Pra Nikah”, (Studi Terhadap Calon Pengantin Di Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh).

Menurut Azman, Rosmiati saat mengikuti ujian mengambil posisi di ruang perpustakaan Pascasarjana UIN Ar-Raniry, dengan mempertimbangkan jaringan internet dan kenyamanan.

Sementara tim penguji yang terdiri atas Dr Kusmawati Hatta MPd sebagai ketua, Dr Abizal M Yati MA sebagai sekretaris, Dr Juhari Hasan MSi dan Dr Rasyidah MA sebagai pembahas, menguji dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi online.

Rosmiati melalui pesan WhatsApp mengatakan, proses sidang tesisnya berjalan dengan baik dan lancar. “Saya telah menyusun tugas akhir dan selesai melakukan bimbingan sejak Januari lalu, namun baru sekarang dapat melakukan sidang. Alhamdulillah lancar, proses sidang berlangsung selama kurang lebih satu jam,” ujarnya, seraya bersyukur dapat menyelesaikan kuliah walaupun dalam kondisi pandemi Corona. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved