Breaking News:

DPRA Akan Undang Eksekutif, Pertanyakan Refocusing APBA Rp 1,7 T

Wakil Ketua Badan Anggaran DPRA, Safaruddin S.Sos MSP mengatakan, pihaknya akan mengundang Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA)

for serambinews.com
Wakil Ketua DPRA, Safaruddin 

BANDA ACEH - Wakil Ketua Badan Anggaran DPRA, Safaruddin S.Sos MSP mengatakan, pihaknya akan mengundang Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) untuk dimintai penjelasannya mengenai hasil refocusing APBA 2020 sebesar Rp 1,7 triliun untuk penanganan pencegahan penularan virus corona (covid-19).

"Undangan itu akan kita sampaikan kepada TAPA dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh," kata Safaruddin kepada Serambi, Selasa (28/4/2020) melalui handphone-nya.

Safaruddin mengatakan, rencana mengundang TAPA dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Aceh sudah diagendakan sebelum DPRA melakukan reses.

Undangan dilakukan setelah reses, sehingga anggota dewan sudah mendapatkan masukan dari masyarakat terkait upaya pemerintah Aceh dalam penanganan pencegahan Covid-19.

Anggota DPRA, kata Safaruddin, perlu mendapat input dari masyarakat di daerah mengenai kegiatan pencegahan dan penanganan penularan wabah virus corona.

Dikatakan, sebagai institusi yang berwenang mengawasi, DPRA perlu mengetahui hasil refocusing APBA 2020 yang sudah dilakukan TAPA.

Pemerintah Daerah, kata Safaruddin, juga wajib melaporkan hasil refocusing APBD  kepada Mendagri selambat-lambatnya tujuh hari kerja, setelah Instruksi Mendagri dikeluarkan pada 2 April 2020. “Artinya,  pada 9 April 2020, pelaksanaan refocusing dana APBD/APBA/APBK, harus sudah selesai dilakukan dan dilaporkan ke Mendagri,” kata dia.

Sampai saat ini, kata Safaruddin, DPRA belum menerima tembusan dari Pemerintah Aceh, terkait kegiatan refocusing APBA 2020 yang telah dilakukannya. Menurut info dari Kemendagri, dana APBA 2020 yang refocusing mencapai Rp 1,7 triliun, dari pagu total APBA 2020 Rp 17,279 triliun.

Dikatakan, itu sebab pimpinan DPRA sebelum menjadwalkan kegiatan reses pada pekan lalu dan lebih dulu menjadwalkan rencana mengundang TAPA dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh.

Setelah keluar Surat Instruksi Mendagri Nomor 1 tahun 2020, kata Safaruddin, saat ini sudah ke luar lagi SK bersama Mendagri dengan Menkeu Nomor 119/2813/SJ yang ditandatangani pada 9 April 2020, tentang Percepatan Penyesuaian APBD tahun 2020 dalam rangka penanganan covid-19 serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved