Breaking News:

Berita Politik

Mundur dari DPR, Hanafi Rais Sudah Kemasi Barang Sejak 2 Pekan Lalu, PAN Reformasi Menunggu Waktu

Namun jauh sebelum menyampaikan surat pengunduran dirinya itu, Hanafi ternyata sudah mengemas barang-barangnya di DPR sejak dua minggu lalu.

KOLASE SERAMBINEWS.COM/KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Kolase foto Hanafi Rais dan surat pengunduran dirinya dari Anggota DPR RI dan kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN). 

SERAMBINEWS.COM - Ahmad Hanafi Rais Wiryosudarmo atau yang lebih akrab disapa Hanafi Rais mengundurkan diri dari kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN periode 2020-2025, Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan anggota DPR RI periode 2019-2024.

Pengunduran diri itu ia sampaikan lewat sepucuk surat yang ia ketik dan tanda tangani di atas meterai Rp 6.000, Selasa (5/5/2020).

Namun jauh sebelum menyampaikan surat pengunduran dirinya itu, Hanafi ternyata sudah mengemas barang-barangnya di DPR sejak dua minggu lalu.

Putra Amien Rais, Hanafi Rais Mundur dari DPR dan Pengurus PAN, Kongres V Mencoreng Wajah Partai

Hanafi Rais Urutan Kedua Suara Terbanyak, Ini 8 Caleg yang Lolos ke Senayan dari Dapil DIY

Seluruh Pejabat KPK Diganti Saja! Kata Amin Rais

"Ya, Hanafi sudah memindahkan barang-barangnya sejak dua minggu lalu, sudah dibawa keluar dari DPR," ujar mantan Ketua DPP PAN, Agung Mozin ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (7/5/2020).

Loyalis Amien Rais tersebut mengatakan, keputusan mundur Hanafi sudah dipikirkan secara matang oleh yang bersangkutan.

Oleh karenanya, barang-barang Hanafi sudah dipindahkan sebelum yang bersangkutan mengirimkan surat pengunduran diri ke partai yang sekarang dipimpin Zulkifli Hasan tersebut. "Iya, sudah dipikirkan dengan matang (pengunduran diri Hanafi), dan barang-barang sudah dipindahkan sebelum surat itu disampaikan (ke partai)," ujarnya.

Sementara Ketua DPP PAN, Ahmad Mumtaz Rais, yang juga adik Hanafi, mengaku menghormati keputusan kakaknya mengundurkan diri dari anggota DPR dan kepengurusan PAN.

8 Toko Teuku Wisnu di Malang Harus Tutup, Shiren Sungkar Sedih karena Bukan Itu Saja Masalahnya

Komisi VI DPRA Keluarkan Rekomendasi Tolak Pemotongan Dana Dayah

Hujan Deras dan Angin Kencang Mengakibatkan Banjir dan Pohon Tumbang di Aceh Besar

Namun, ia menyayangkan, keputusan tersebut karena ketidakdewasaan Hanafi dalam berpolitik. "Kami institusi PAN menghormati keputusan beliau yang mundur karena tentu sudah dipikirkan dengan baik.

Akan tetapi, sebagai rekan berpartai sungguh kami sangat menyayangkan keputusan tersebut karena kedewasaan dalam berpolitik tidak ditunjukkan oleh Saudaraku Hanafi Rais," kata Mumtaz.

Mumtaz mengatakan, sudah sewajarnya semua pihak termasuk Hanafi, arif dan bijaksana dalam menerima hasil Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang memilih Zulkifli Hasan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

"Zulkifli Hasan secara sah dan legitimate, bahkan dengan selisih suara yang sangat telak yakni selisih 106 suara. Itu adalah kemenangan yang mutlak," ujarnya.

Kisah Pilu ABK Indonesia di Kapal China, Tidur Hanya 3 Jam, Makan Umpan Ikan dan Minum Air Laut

Mumtaz juga menyinggung peristiwa Pandean pada Februari 2020. Ia mengaku, diusir dan dianiaya karena perbedaan pilihan politik di Kongres V PAN. Menurut dia, terjadi perbedaan pilihan politik dalam Kongres V PAN antara dirinya dan saudara-saudaranya seperti Hanum Rais, Tasniem Rais, dan Hanafi Rais.

"Saya juga ingin menggarisbawahi, bahwa sikap 'baper politik' yang dipertontonkan oleh Hanafi Rais serta adik-adiknya yakni Hanum Rais dan Tasniem Rais, tidak akan berpengaruh sama sekali kepada saya Mumtaz Rais," ucapnya.

Setelah mundurnya Hanafi, PAN belum menyiapkan menyiapkan pengganti putra sulung Amien Rais itu di DPR. "Belum (menyiapkan pengganti Hanafi). Masih akan dibahas di internal," ujar Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno.(tribun network/dit/mam/sen/dod)

Editor: Said Kamaruzzaman
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved