Karimun Usman Usulkan Irwandi Yusuf Jalani Sisa Tahanan di Aceh

Politisi senior Aceh yang juga matan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Aceh, H. Karimun Usman minta agar Irwandi Yusuf menjalani sisa masa tahanan...

For Serambinews.com
Karimun Usman. 

 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Politisi senior Aceh yang juga matan Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Aceh, H Karimun Usman minta agar  Irwandi Yusuf menjalani sisa masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Banda Aceh.

Permintaan itu disampaikan Karimun Usman kepada Menkumham Yasona Laoly, pejabat yang berwenang memindahkan tempat penahanan.

"Iya saya sudah sampai kepada Menkumham, agar Pak Irwandi Yusuf dipindahkan dari LP Sukamiskin ke Banda Aceh," kata Karimun Usman di Jakarta, Sabtu (9/5/2020) siang.

Irwandi Yusuf, mantan Gubernur Aceh,  menjalani hukuman tujuh tahun penjara, denda Rp 300 juta subsider kurungan tiga bulan penjara. Irwandi Yusuf juga dihukum pidana tambahan berupa pencabutan hak  politik selama lima tahun menjalani hukuman kurungan.

Putusan berkekuatan hukum tetap ini tertuang dalam  putusan  Mahkamah Agung (MA) bernomor 444K/Pid.Sus/2020 pada 13 Februari 2020.

Putusan itu memperbaiki Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 24/Pid.Sus-TPK/2019/PT.DKI pada 8 Agustus 2019 yang mengubah Putusan Pengadilan Tipikor Jakarta Nomor 97/Pid.Sus/2018/PN.Jkt.Pst pada 8 April 2019.

Karimun Usman mengatakan, usulan pemindahan Irwandi ke Aceh merupakan pendapat pribadinya, setelah mempertimbangkan berbagai hal, antara lain, Irwandi Yusuf adalah sebagai tokoh dalam proses perdamaian Aceh yang diteken di Helsinki 15 Agustus 2005. Ia dinilai banyak berjasa dalam pembangunan Aceh.

"Kalau menjalani tahanan di Aceh, maka bagi kerabat akan mudah menjenguk Irwandi Yusuf dan lebih dekat dengan keluarga dan handai tolan," demikian Karimun Usman.(*)

92 Jiwa Korban Banjir yang Mengungsi, Kembali ke Rumah, Ini Penjelasan Keuchik Meunasah Krueng Kala

Puluhan Tahun Disegel Ibunya, Pria Ini Menjerit Ketakutan Saat Membuka Kulkas dan Lihat Isinya

Jenazah Warga Aceh Dibawa Pulang ke Aceh Melalui Jalan Darat dari Tangerang Banten

 

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved