Berita Aceh Malaysia

Kronologis Larinya Tiga Warga Aceh di Malaysia Saat Tes Covid-19, Datuk Mansyur: Kini Telah Teratasi

Penyerahan diri ketiga orang ini difasilitasi oleh Komunitas Melayu Acheh Malaysia (KMAM) dan masyarakat Aceh di negeri jiran itu.

For Serambinews.com
Tiga warga Aceh yang lari saat pemeriksaan Covid-19, menyerahkan diri ke polisi dan kemudian dibawa dengan ambulans ke fasilitas kesehatan di Selangor, Malaysia. 

SERAMBINEWS.COM – Kabar kaburnya tiga warga Aceh saat pemeriksaan Covid-19 di kawasan Sepang Malaysia, menyita perhatian banyak pihak.

Cuplikan video TV3 Malaysia yang mengangkat berita ini pun ramai dibagikan di media sosial dan grup-grup WhatsApp.

Satu hari setelah diberitakan menjadi buronan polisi Malaysia, ketiga warga asal Lhokseumawe, Aceh Barat, dan Pidie ini pun menyerahkan diri kepada polisi, Kamis (21/5/2020) pagi.

Penyerahan diri ketiga orang ini difasilitasi oleh Komunitas Melayu Acheh Malaysia (KMAM) dan masyarakat Aceh di negeri jiran itu.

Meski sudah menyerahkan diri dan kini telah dirawat di fasilitas kesehatan, namun informasi yang berkembang masih simpang siur.

Terutama karena ada yang menyebut ketiga orang tersebut positif terjangkit Covid-19.

Tiga Warga Aceh di Malaysia yang Lari Saat Tes Covid-19 Serah Diri ke Polisi, 1 Wanita Masih Dicari

Menyikapi kondisi ini, Komunitas Melayu Acheh Malaysia (KMAM) pada Kamis tengah malam mengirimkan siaran pers untuk menjelaskan persolan itu, termasuk kronologis sebelum dan setelah ketiga orang ini melarikan diri.

“KMAM ingin menyampaikan bahwa ketiga warga Indonesia yang berasal dari Acheh yang sebelumnya sempat viral diberitakan melarikan diri setelah diduga positif terpapar virus corona (Covid-19), pada pagi ini, Kamis 21 Mei 2020, sudahpun menyerahkan diri untuk dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan penanganan oleh pihak terkait di Malaysia,” tulis Datuk Haji Mansyur bin Usman, Presiden Komunitas Melayu Acheh Malaysia, dalam siaran pers tersebut.

Presiden Komuniti Melayu Acheh Malaysia (KMAM), Datuk Mansyur bin Usman.
Presiden Komuniti Melayu Acheh Malaysia (KMAM), Datuk Mansyur bin Usman. (Facebook/Mansyur Usman)

Catatan dari Malaysia, Koperasi Masa, Datuk Mansyur, Hingga Kisah Tiga Diaspora Aceh Beda Generasi

Datuk Mansyur menjelaskan, kesediaan ketiga warga Aceh itu menyerahkan diri merupakan hasil fasilitasi dan pendekatan persuasif yang dilakukan oleh KMAM secara terus menerus, sejak berita mereka melarikan diri tiba-tiba menjadi viral di berbagai media.

“Alhamdulillah pendekatan persuasif yang dilakukan oleh semua pihak baik langsung atau tidak langsung mendapatkan sambutan yang baik dari ketiga warga tersebut yang dengan suka rela menyambut uluran tangan pihak KMAM dalam mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah ini secepatnya.

Halaman
1234
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved