Breaking News:

Update Corona di Simeulue

Warga Simeulue yang Sempat Terkonfirmasi Positif Covid-19 dan Dirujuk ke RSUZA, Ini Hasil Uji Labnya

Seorang warga Simeulue, AS (20), yang merupakan santri dari Magetan, Jawa Timur, dinyatakan negatif Covid-19 setelah dilakukan tes swab terakhir...

For Serambinews.com
Bupati Simeulue, Erli Hasim. 

 

Laporan Sari Muliyasno I Simeulue

 

SERAMBINEWS.COM, SINABANG - Seorang warga Simeulue, AS (20), yang merupakan santri dari Magetan, Jawa Timur, dinyatakan negatif Covid-19 setelah dilakukan tes swab terakhir pada tanggal 18 dan 21 Mei 2020. Warga Simeulue itu diketahui sudah sembilan hari dirujuk di RSUZA Banda Aceh.

Untuk diketahui juga, bahwa AS diberangkatkan ke RSUZA pada 12 Mei 2020 lalu, setelah sempat diisolasi di RSUD Simeulue selama sepuluh hari dan dilakukan pemeriksaan secara intensif oleh tenaga medis setelah dinyatakan terkonfirmasi positif covid -19 hasil swab tahap pertama pada tanggal 13 Mei 2020.

Selanjutnya, setelah kembali dilakulan tes swab lanjutan pada tanggal 15 Mei 2020 hasil swab hasilnya kembali positif Covid-19. Setelah hasil swab ke dua itu, AS dilakukan perawatan oleh tenaga medis di RSUZA.

"Hingga pada tanggal 18 dan 21 Mei 2020, AS kembali dinyatakan negatif Covid-19 dan dinyatakan sembuh total oleh pihak RSUZA Banda Aceh," jelas Erli Hasim, yang turut didampingi Direktur RSUD Simeulue dan juru bicara Covid-19 Simeulue.

Dengan hasil tersebut, Bupati Simeulue berharap bisa memberikan ketenangan kepada masyarakat Simeulue.

"Kita perlu memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat dan tidak menduga-duga kepada keluarga AS," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Erli Hasim terus mengimbau warganya agar tidak lalai dan tetap mengindahkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. "Masyarakat diminta untuk tidak melanggar protokol kesehatan," ujarnya.

Pada bagian lain, Bupati Simeulue mengatakan bahwa setelah santri asal Simeulue itu dinyatakan negatif Covid-19, yang bersangkutan akan dikembalikan kepada pihak keluarga dalam waktu dekat. Semua biaya kepulangan AS ditanggung semuanya oleh Bupati Simeulue.

Direncanakan, pada 27 atau 28 Mei 2020 mendatang AS akan dipulangkan ke Simeulue dengan menggunakan pesawat Susi Air dari Banda Aceh ke Bandara Lasikin. AS sendiri belum bisa dipulangkan disebabkan saat ini transportasi laut telah dihentikan menjelang idul fitri 1441 H.

Sementara itu Dirut RSUD Simeulue, drg Farhan, menambahkan bahwa  AS selama di Banda Aceh di tempatkan di mes Dinas Kesehatan Aceh, lantaran AS dinilai lebih aman di tempatkan di mes tersebut.(*)

Hari Ini, ASN di Aceh Tetap Ngantor, Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri Dialihkan Akhir Tahun

Janda Miskin Korban Rumah Ambruk Akibat Angin Kencang di Bireuen, Berharap Dapat Bantuan Rumah

Diduga Karena Tak Tahu, Penjual ini Menulis Harga Es Duren yang dijualnya Seharga Rp 4000K

Penulis: Sari Muliyasno
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved