Berita Kutaraja

Dismobduknakertrans Siap Fasilitasi Pekerja Luar Aceh Urus Surat Rapid Test, Ini Prosedurnya

Kewajiban memiliki surat keterangan rapid test itu merupakan bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

For Serambinews.com
Kadis Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Iskandar Syukri 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kewajiban bagi siapa pun untuk memiliki surat keterangan bebas virus corona saat bepergian ke luar daerah memang cukup merepotkan.

Sebab, untuk mendapatkan surat tersebut, warga terlebih dahulu harus menjalani rapid test atau pemeriksaan swab RT-PCR, yang kadang terpaksa harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan.

Kewajiban memiliki surat keterangan rapid test itu sendiri merupakan bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Menjawab keresahan warga terutama para pekerja asal luar Aceh, Dinas Mobilitas Penduduk, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dismobduknakertrans) Aceh menyatakan, siap membantu dan memfasilitasi tenaga kerja luar daerah itu untuk mengurus surat tersebut saat ingin pulang ke kampung halamannya.

Prosedur yang ditempuh para pekerja luar Aceh untuk mendapatkan bantuan dari Dismobduknakertrans itu juga tidak sulit dan boleh diajukan secara perseorangan maupun berkelompok ataupun melalui perusahaan tempat ia bekerja.

Nek Munayah Hilang Saat Mandi di Sungai Rantau, Aceh Tamiang, Tinggalkan Sandal dan Sarung di Tepi

Banda Aceh dan Delapan Kabupaten/Kota di Aceh Masuk Zona Merah, Simak Penjelasan Asisten II Pemprov

Pamit ke Luar Rumah untuk Buang Air Besar, Jasad Buruh Ditemukan Terapung di Irigasi Pidie

Hal ini disampaikan Kadismobduknakertrans Aceh, Ir Iskandar Syukri kepada Serambinews.com saat ditemui kala mendonorkan darah bersama stafnya di PMI, Kamis (4/6/2020).

"Dismobduknakertrans bersedia memfasilitasi para pekerja dari luar Aceh yang ingin pulang kampung untuk dites lebih dahulu kesehatan tubuhnya dari wabah virus corona menggunakan alat rapid test melalui Dinas Kesehatan Aceh maupun Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan RSUD," kata Kadismobduknakertrans Aceh, Ir Iskandar Syukri.

"Kondisi yang sama juga kita berlakukan untuk pekerja dari luar Aceh yang ingin masuk bekerja ke wilayah Aceh. Ia harus miliki surat rapid test hasil negatif atau surat keterangan swab RT-PCR dengan hasil negatif," tukasnya.

Bukan hanya pekerja, papar Iskandar Syukri, kebijakan sebagai pelaksanaan protokol kesehatan guna pencegahan penularan virus corona (Covid-19) itu berlaku untuk siapa saja, termasuk pejabat, petugas kesehatan, hingga karyawan BUMN, dan pebisnis.

Halaman
12
Penulis: Herianto
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved