Breaking News:

KTP Elektronik

Disdukcapil Bireuen belum Bisa Rekam KTP Elektronik, Ini Masalahnya

Sedangkan pelayanan administrasi kependudukan lainnya tetap dilaksanakan dan mempedomani protokol kesehatan.

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bireuen Ir M Jafar MM 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bireuen belum dapat memproses perekaman KTP elektronik yang terhenti sejak wabah covid-19 atau pada pertengahan Maret 2020 lalu.

Sedangkan pelayanan administrasi kependudukan lainnya tetap dilaksanakan dan mempedomani protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Kadisdukcapil Bireuen, Ir M Jafar MM kepada Serambinews.com, Jumat (05/06/2020) menyangkut pertanyaan sejumlah warga kapan kegiatan perekaman untuk KTP elektronik bisa dilakukan kembali.

Penyebab belum bisa dilakukan perekaman kata M Jafar bukan fasilitas atau alat rekaman rusak, tetapi masih memikirkan langkah atau teknis perekaman yang tidak melanggar protokol kesehatan.

Berkinerja Buruk, Bupati Aceh Jaya Segera Rotasi dan Ganti Sejumlah Kepala SKPK

Ini Rincian Anggaran Proyek Sapi Kurus di Saree Tahun 2019 dan 2020

Perternakan Sapi di Saree Rp 158 M Berbau Korupsi, MaTA Desak Kejati Ungkap Dugaan Penyimpangan

Permasalahan belum bisa melakukan perekaman sudah disampaikan ke pimpinan menyangkut ada ruangan khusus terpisah dan petugas perekaman memiliki Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap.

Menjawab Serambinews.com, Bireuen salah satu zona hijau dalam penyebaran covid-19, M Jafar mengakui, namun menjaga jarak dan berbagai ketentuan dalam pencegahan covid masih berlaku.

Ditambahkan, saat ini sedang dibahas langkah atau teknis untuk melakukan perekaman, misalnya disediakan ruang khusus, petugas juga memakai APD lengkap.

“Masalah APD sudah kami bicarakan dengan Dinas Kesehatan dan mereka sedang mengupayakan APD untuk petugas rekam di Disdukcapi, namun belum dapat dipastikan kapan APD tersedia,” ujarnya.

Diakuinya, banyak masyarakat terutama para pemula yang belum mengantongi KTP elektronik, apalagi saat ini sedang masa pendaftaran mahasiswa baru tentunya KTP sangat dibutuhkan.

Menyangkut pelayanan administrasi kependudukan lainnya berjalan lancar dan tetap mengedepankan protokol kesehatan, sistim online dan juga menyediakan loket pelayanan.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved