Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kemenag Aceh Cek Protokol Kesehatan di Kantor Urusan Agama, Ini Pesannya

"Meski pandemi, tetap berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tapi kepala KUA, penghulu beserta jajaran harus menerapkan protokol Kesehatan."

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Ibrahim Aji
FOR SERAMBINEWS.COM
Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin SE mencuci tangan dalam rangka menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 saat meninjau Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Sigli, Pidie, Senin (8/6/2020). 

"Meski pandemi, tetap berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tapi kepala KUA, penghulu beserta jajaran harus menerapkan protokol Kesehatan."

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Aceh, H Saifuddin SE, bersama tim dari Bidang Urais Binsyar meninjau kesiapan penerapan protokol kesehatan di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dalam Provinsi Aceh, Senin (8/6/2020).

"Hari ini, ada beberapa tim turun langsung ke KUA untuk memastikan protokol kesehatan di KUA," kata Saifuddin kepada Serambinews.com, saat mengunjungi KUA Kota Sigli, Pidie.

Dalam tinjauan itu, ada beberapa hal yang dilihat seperti memastikan tersedianya wastafel di KUA, ventilasi ruangan pernikahan, jumlah peserta yang hadir dan juga memastikan pelayanan nikah di KUA berjalan dengan lancar di masa pandemi dan penerapan menuju new normal.

Selain mengecek kesiapan protokol kesehatan, Kemenag Aceh juga melakukan monitoring terhadap pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin yang sempat terhenti beberapa waktu lalu akibat Covid 19.

Jumlah Pengguna Narkoba di Aceh Capai 82 Ribu, BNN Terdorong Gelar Bimtek Pegiat Antinarkoba

"Meski di tengah pandemi ini, tetap berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, tapi kepala KUA, penghulu beserta jajaran di KUA harus menerapkan protokol kesehatan," ujar Saifuddin.

Para pegawai KUA, pasangan calon pengantin dan tamu undangan, lanjutnya, juga diminta mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sebelum masuk ruangan.

"Ini bentuk ikhtiar kita mencegah penyebaran virus corona. Tugas mulia ini mempunyai tantangan tersendiri bagi para penghulu dan ASN yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Kita berharap masyarakat mendukung upaya ini demi kemaslahatan bersama," kata Saifuddin.

Dalam kesempatan tersebut, Saifuddin juga mengingatkan pegawai KUA agar tidak melakukan pungutan liar (pungli) kepada warga.

Sebelum Relokasi Pedagang, Komisi II DPRK Banda Aceh Cek Kesiapan Pasar Baru di Lamdingin

"Jangan meminta dan tidak boleh ada kutipan, karena meminta itu sangat berbahaya, apalagi pemerintah telah menetapkan biaya pencatatan di dalam dan di luar kantor, layanan administrasi di KUA juga gratis," ungkap Saifuddin.

Sementara Kabid Urais dan Binsyar, Hamdan mengatakan, meskipun di tengah pandemi, angka pencatatan nikah di KUA tetap banyak.

Ia mengatakan, tercatat 2.303 calon pengantin di Aceh melaksanakan akad nikah sepanjang April-Mei 2020, dari 3.096 total orang yang mendaftar.(*)

VIDEO - Seorang Janda di Aceh Utara Ditemukan Meninggal Bersimbah Darah

Diikuti 11 Pemain, PSMS Medan Gelar Latihan Tertutup di Stadion Kebun Bunga

Kasus Virus Corona Arab Saudi Bertambah Jadi 105.283 Orang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved