Breaking News:

Update Corona di Aceh

Satu Warga Tamiang Positif Corona, Kasus Covid-19 di Aceh Menjadi 39 Orang

SS mengaku tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah penularan lokal di dalam maupun luar negeri.

Penulis: Subur Dani | Editor: Taufik Hidayat
For. Serambinews.com
Jubir Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG. 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Virus corona strain SARCoV-2, biang Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, kembali menginfeksi satu warga Kabupaten Aceh Tamiang, setelah sebelumnya mejangkiti lima warga di kabupaten itu, dan kemudian sehat kembali.

Kali ini virus asal Kota Wuhan, Tingkok, itu menyasar perempuan umur 27 tahun berinisial SS.

Hal tersebut disampai Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangana Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani, Sabtu (20/6/2020) mengatakan, penderita Covid-19 yang ke-6 di Kabupaten Aceh Tamiang itu mengaku tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah penularan lokal di dalam maupun luar negeri, dan secara kasat mata tidak menunjukkan gejala telah terinfeksi virus corona.

SS baru menyadari terpapar virus yang belum ditemukan vaksin maupun obatnya itu, dari hasil rapid test massal yang digelar kantornya pada 12 Juni 2020.

"Ia pun masuk dalam klasifikasi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang reaktif rapid dan langsung melakukan isolasi mandiri di rumahnya," urainya.

Kemudian, untuk uji konfirmasi, Tim Medis Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Aceh Tamiang mengambil swab nasofaring dan orofaring SS dan dikirim ke Balai Litbangkes Aceh di Gampong Bada, Ingin Jaya, Aceh Besar.

Satu Warga Aceh Selatan Diduga Terindikasi Covid-19, Disdik Keluarkan Imbauan untuk Sekolah

Kasus Baru Covid-19 Ditemukan di Aceh Tamiang, Seorang Staf Puskesmas Terkonfirmasi Positif

Besok Siang, Warga Aceh Bisa Saksikan Gerhana Matahari Sebagian

Liga 1 Resmi Dilanjutkan, Bruno Dybal Tunggu Dihubungi Manajemen Persiraja, Bersiap Kembali ke Aceh

Kritik Keras Pemain Setelah Gagal Raih Gelar Coppa Italia, Pelatih Mulai Dijauhi Cristiano Cs

Usai Lembah Galwan, China Bidik Kepulauan Andaman, Apakah Selanjutnya Sabang?

Hasil Pemeriksaan dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), SS terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan, laporan Kepala Litbankes Aceh Dr Fahmi Ichwansyah, S.Kp, MPH,Minggu (20/6/2020) kepada Gugus Tugas Covid-19 Aceh.

Tim Surveilans Gugus Tugas Covid-19 sedang bekerja untuk mengungkapkan asal-usul virus virus corona yang menginfeksi SS.

Orang terdekat SS, suami dan Ibunya, telah diperiksa dengan rapid test, tapi tidak menunjukkan indikasi mengidap virus. Hasil rapid test kontak erat SS tersebut nonreaktif.

“Tim surveilans sedang menelusuri lebih jauh lagi orang-orang yang memiliki kontak erat dengan SS untuk di-rapid dan diambil swab-nya,” katanya seperti dilaporkan Jubir Covid-19 Pemkab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita melalui telepon selulernya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved