Breaking News:

Idul Adha 1441 H

Idul Adha 1441 H Jatuh pada 31 Juli 2020? Ini Hasil Kajian Ilmu Falak

Hilal menjadi patokan dalam menetapkan awal bulan hijriah, baik dalam kalangan mazhab hisab atau mazhab rukyat di Indonesia.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Taufik Hidayat
hand over dokumen pribadi
Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is. 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Untuk mengetahui kapan jatuh 10 Zulhijjah 1441 H sebagai hari raya Idul Adha bagi umat Islam, terlebih dahulu harus mengetahui kondisi hilal (bulan sabit yang terlihat di atas kaki langit barat setelah matahari terbenam) untuk 1 Zulhijjah 1441 H.

Karena hilal menjadi patokan dalam menetapkan awal bulan hijriah, baik dalam kalangan mazhab hisab atau mazhab rukyat di Indonesia.

Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah  IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is  menjelaskan, sesuai kajian ilmu falak, untuk mengetahui data hilal untuk awal Zulhijjah 1441 H di Indonesia, pertama, dilihat konjungsi geosentrik atau ijtma’ yaitu peristiwa ketika nilai bujur ekliptika bulan sama dengan nilai ekliptika matahari dengan diandaikan pengamat berada di pusat bumi.

"Peristiwa ini kembali terjadi pada Selasa 21 Juli 2020 pukul 00.33 WIB atau pukul 01.33 WITA atau pukul 02.33 WIT," katanya.

Kedua, tinggi hilal pada hari Selasa 21 Juli 2020 M atau 29 Zulkaidah 1441 H saat matahari terbenam di seluruh Indonesia sudah lebih 3 derajat di atas ufuk barat.

"Bahkan untuk wilayah Lhokseumawe, tinggi hilal sudah mencapai 8 derajat 21 menit busur," paparnya.

Ketiga, sudut elogasi (jarak sudut antara pusat piringan bulan dengan pusat piringan matahari yang terbentuk saat matahari terbenam di tempat pengamatan) bulan saat matahari terbenam pada hari Selasa 21 Juli 2020 atau 29 Zulkaidah 1441 H di seluruh Indonesia sudah lebih 6,4 derajat busur.

"Untuk wilayah Lhokseumawe sudut elongasi sudah mencapai 10 derajat 21 menit busur," katanya.

Turki Siapkan 2 Imam dan 4 Muazin untuk Bertugas di Masjid Hagia Sophia

Hari Pertama Sekolah di Bireuen, Siswa Bawa Surat Izin dan Wajib Pakai Masker

VIDEO Detik-detik Pengendara Sepmor Hadang Ambulans Sedang Jalan

Sedangkan rekomendasi temu pakar falak 2017 di Jakarta, lanjut Tgk Ismail, menyimpulkan bahwa hilal mungkin dilihat bila tinggi minimal 3 derajat di atas ufuk barat dengan besar sudut elongasi 6,4 derajat busur.

"Bila mengacu pada rekomendasi tersebut, dapat dipastikan bahwa 1 Zulhijjah 1441 H jatuh pada hari Rabu 22 Juli 2020 dan 10 Zulhijjah 1441 H atau hari raya Idul Adha 1441 H jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020," katanya.

Namun untuk informasi resmi tentang penetapan awal bulan Zulhijjah 1441 H atau hari raya Idul Adha di Indonesia akan diumumkan oleh pemerintah.

"Kita berharap semua lapisan masyarakat dapat menunggu hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI di Jakarta pada hari Selasa sore 21 Juli 2020," demikian Tgk Ismail.(*)

Sidang Gugatan UU Pemilu di MK, Kuasa Hukum Akui Ki Gendeng Pamungkas Sudah Meninggal

Belanja Online, Antara Impian dan Kenyataan Pahit

Lupakan Dulu New Normal karena Belum Waktunya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved