Breaking News:

Corona Serang Dunia

Dua Vaksin Corona Tunjukkan Hasil Menjanjikan, Namun Fase Kritis Pengujian Belum Dilalui

Dua kandidat vaksin yang dikembangkan University of Oxford-AstraZeneca dan perusahaan asal China, CanSino Biologics, menunjukkan hasil yang aman.

AFP/NICOLAS ASFOURI
Seorang peneliti memperhatikan sel ginjal monyet yang akan diuji coba untuk mengobati pasien virus Corona, COVID-19 di Laboratorium Cells Culture Room, Sinovac Biotech, Beijing pada 29 April 2020 

SERAMBINEWS.COM - Diinformasikan bahwa dua kandidat vaksin virus corona  yang dinilai potensial telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam pengujian awalnya. 

Selain mengapresiasi berita membahagiakan ini, para ahli juga memperingatkan tantangan besar yang masih harus dihadapi selanjutnya.

Pengujian awal dari dua kandidat vaksin yang dikembangkan oleh University of Oxford-AstraZeneca dan perusahaan asal China, CanSino Biologics, diketahui menunjukkan hasil yang aman dan dapat memicu respons imun.

Namun, tahap selanjutnya akan menjadi fase yang kritis untuk menunjukkan apakah vaksin-vaksin potensial ini benar-benar dapat melindungi dan melawan infeksi.

"Jika diibaratkan tengah membuat pesawat, sekarang kita berada di level produksi," kata Dekan Emory University School of Medicine Atlanta, Dr Carlos del Rio, seperti dikutip NBC News, Selasa (21/7/2020).

Vaksin COVID-19 Buatan Universitas Queensland Mulai Diuji Coba pada Manusia, Melibatkan 120 Relawan

Empat Negara Eropa Sepakat Beli 300 Juta Dosis Vaksin Virus Corona

Bila Vaksin Virus Corona Sudah Tersedia, Harganya Diperkirakan Rp 75.000 Per Orang

"Saat ini, dapat dikatakan bahwa pesawat tersebut dapat lepas landas dari tanah dengan aman. Namun, apakah ia sudah bisa terbang dari sini ke Paris? Itu pertanyannya sekarang," kata dia mengibaratkan.

Sejauh ini, kecepatan pengembangan vaksin telah berjalan dengan luar biasa.

Sebab biasanya dibutuhkan waktu hingga satu dekade untuk sebuah vaksin baru sebelum melalui berbagai tahap pengembangan dan pengujian.

Namun, urgensi pada pandemi ini membuat pengembangan vaksin dipercepat.

Hasil sementara dan kemungkinan kegagalan Untuk kandidat vaksin dari Okford-AstraZeneca dan CanSino, langkah pengujian selanjutnya adalah fase ketiga dari uji klinis pada manusia.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved