Breaking News:

Update Corona di Aceh

Meninggal Sebelum Ada Hasil Swab Positif, Keluarga Pilih Fardhu Kifayah Sesuai Protokol Kesehatan

Seorang pasien berinisial Mar (63) asal Aceh Barat Daya (Abdya) dirujuk ke RSUZA Banda Aceh karena hasil rapid test-nya reaktif, Selasa (21/7/2020)

For Serambinews.com
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Seorang pasien berinisial Mar (63) asal Aceh Barat Daya (Abdya) dirujuk ke RSUZA Banda Aceh karena hasil rapid test-nya reaktif, Selasa (21/7/2020) dini hari.

Namun pasien laki-laki itu meninggal dunia dalam perjalanan, di kawasan Lhoknga, Aceh Besar. Jenazah Mar tiba di IGD Pinere RSUZA sekira pukul 03.00 WIB Selasa (21/7/2020).

Meski hasil swab terhadap pasien reaktif ini belum keluar, namun pihak keluarga memilih ikut protokol kesehatan untuk fardhu kifayah jenazah Mar.

"Almarhum meninggal dunia sebelum diperoleh hasil pemeriksaan swab dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG, Selasa (21/7/2020) malam.

Bupati Pidie Abusyik Turun ke Sawah Dengan Teng Semprot Hama di Punggung

Menurutnya, jenazah Mar di-fardukifayah-kan oleh ustaz pemulasaraan jenazah RSUZA secara islami.

Untuk itu, SAG atas nama Pemerintah Aceh mengapresiasi keluarga yang memilih untuk mem-fardhu kifayah-kan jenazah Mar sesuai protokol kesehatan di RSUZA.

Aniaya Dua Polisi di Klub Malam, Anggota DPRD Sumut Jadi Tersangka

“Kita tabik pada keluarga dari Abdya itu. Mereka komit mencegah penularan virus corona meski Almarhum belum terkonfirmasi positif Covid-19,” kata SAG usai mendapat kabar dari Koordinator Tim PIE Covid-19 RSUZA, dr Novina Rahmawati, M.Si.Med, Sp.THT.KL,FICS.

Usai proses fardu kifayah, Almarhum diantar dua orang petugas pemulasaraan jenazah untuk dimakamkan dengan protokol kesehatan di Abdya, Selasa siang, sekira pukul 10.00 WIB.

"Ketegaran keluarga Almarhum yang satu ini pantas kita teladani. Keluarga memilih pengamanan optimum demi kemaslahatan keluarga dan masyarakat sekitarnya," puji SAG. (*)

Simak, Berikut Gejala dan Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah

Penulis: Subur Dani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved