Breaking News:

Opini

Pentingnya Pendidikan Agama Islam Bagi Anak

Bila si anak sudah ditanamkan pendidikan agama Islam yang baik secara mendalam sejak dini, maka akan tertanam pemahaman pendidikan agama Islam

Pentingnya Pendidikan Agama Islam Bagi Anak
IST
Dr. Murni, S.Pd,I., M.Pd, Wakil Ketua STAI Tgk. Chik Pante Kulu Banda Aceh

Oleh Dr. Murni, S.Pd,I., M.Pd, Wakil Ketua STAI Tgk. Chik Pante Kulu Banda Aceh

Keluarga mempunyai peran penting dalam memberikan pendidikan agama Islam bagi anak. Bila si anak sudah ditanamkan pendidikan agama Islam yang baik secara mendalam sejak dini, maka akan tertanam pemahaman pendidikan agama Islam kepada anak, sehingga timbul pemahaman, kehangatan, kebahagian, dan kasih sayang yang tercurahkan dari ibu bapak terhadap dirinya, maka jiwanya akan menjadi tenteram.

Selain jiwa yang tenteram, kasih sayang, anak akan terbuka dan mudah dididik. Kasih sayang sangat dibutuhkan mereka karena bisa jadi selama ini masalah pendidikan agama Islam kurang mendapat perhatian dari orang tua. Selain anak merasa tidak diperhatikan, diperlakukan keras atau tidak adil oleh orang tuanya, maka besar kemungkinan sikap si anak terhadap Tuhan akan memantulkan sifatnya kepada orang tuanya, mungkin ia akan menolak atau acuh tak acuh terhadap ajaran agama (Djami`atul Islamiyah, 2013: 69).

Anak yang diasuh orang lain dengan diasuh orang tua sendiri berbeda, karena apabila diasuh oleh orang lain kurang sekali diperhatikan pendidikan agamanya, mereka dibiarkan bermain begitu saja yang penting anak tidak rewel. Sehingga berdampak saat anak-anak menginjak usia remaja, mereka tidak memiliki dasar keimanan yang kuat terhadap Allah Swt.

Sehingga dalam menjalani kehidupan, mereka akan berbuat semaunya sendiri dan bisa saja melanggar norma-norma agama. Terlebih lagi kesibukan yang dialami orang tua mengakibatkan berkurangnya komunikasi dan intensitas bertemu serta berkurangnya bimbingan terhadap anak.   

Pendidikan Agama Islam merupakan unsur penting dalam lingkungan keluarga. Hal ini mengandung petunjuk yang meliputi sendi kehidupan, karena setiap orang akan mendapatkan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Di samping itu, dapat terarahkan dalam menumbuhkan kemampuan beribadah dan membina sikap hidup secara Islami, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga dalam pembentukan pribadi-pribadi yang baik dan Islami kepada setiap anak.

Dengan demikian, pendidikan agama Islam menghendaki supaya setiap keluarga dapat hidup secara seimbang dan harmonis dalam suasana keluarga yang penuh saling pengertian, saling isi mengisi, sehingga tercapailah kehidupan sakinah, ketenteraman jiwa, dan kenyamanan dalam setiap lingkungan keluarga yang bahagia.

Pentingnya pendidikan agama Islam sebagaimana disebutkan di atas tidak terlepas dari kedudukan manusia baik sebagai `abdullah maupun sebagai khalifatullah. Sebagai `abdullah, maka manusia harus mengabdikan dirinya kepada Allah Swt dengan penuh tanggung jawab, dan sebagai khalifatullah maka manusia harus mengelola alam ini dengan baik juga dan penuh tanggungjawab.

Oleh karena itu, pendidikan agama Islam bukan hanya sekedar tindakan lahiriyah saja, tetapi ia juga merupakan tindakan batiniyah, sebab di dalam proses pendidikan agama Islam ada tanggung jawab yang harus diemban setiap manusia. Dengan melaksanakan tanggung jawab tersebut, maka arah dan tujuan pendidikan agama Islam akan mudah tercapai sesuai tuntunan Agama Islam.

Dalam pandangan Islam, tanggung jawab pendidikan agama Islam tersebut dibebankan kepada setiap individu. Dalam Alquran Surat at-Tahrim ayat 6 Allah Swt berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved