Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Aceh Jaya Kini Miliki Alat Peringatan Dini Gempa Bumi dan Tsunami, Begini Sistem Kerjanya

Warning Receiver System (WRS) New Generation itu merupakan alat pendeteksi milik BMKG yang diberikan kepada Pemkab Aceh Jaya.

For Serambinews.com
Kepala Pelaksana BPBD Aceh Jaya, Fajri melihat monitor alat Warning Receiver System (WRS) New Generation bantuan BMKG kepada Pemkab Aceh Jaya, Jumat (24/7/2020). 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya kini memiliki alat pendeteksi dan pemberi informasi terkait bencana alam seperti gempa Bumi dan tsunami yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Warning Receiver System (WRS) New Generation itu merupakan alat pendeteksi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang diberikan kepada Pemkab Aceh Jaya.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Jaya, Fajri yang dihubungi Serambinews.com, Jumat (24/7/2020), mengatakan, ada dua alat yang diberikan oleh BMKG kepada Pemkab Aceh Jaya, di mana kedua alat tersebut diletakkan di dua tempat terpisah.

“Untuk monitor pemberi informasinya kita tempatkan di Kantor Bupati, sedangkan alat pendeteksinya kita letakkan di Kantor BPBD,” jelas Fajri.

Kalak BPBD menerangkan, sistem kerja dari alat itu dengan cara alat pendeteksi yang berada di Kantor BPBD akan mengirimkan laporan terkait adanya gempa ke monitor di Kantor Bupati.

DPRA Gelar Rapat Kerja Soal TKA asal Cina di PLTU 3-4 Nagan, Undang Sejumlah Instansi Termasuk MPG

PT MPG Klaim Hormati Aturan di Indonesia, Minta Maaf Karena Sudah Buat Gaduh Soal TKA

PGRI Aceh Besar dan MGMP Bahasa Inggris Kerja Sama Gelar Webinar, Ini Tujuannya

Selanjutnya dari monitor akan diteruskan ke BMKG pusat yang kemudian dikirim kembali ke alat peringatan dini tersebut.

“Jadi kalau ada pergerakan atau getaran, maka akan dideteksi dan akan diberikan informasi pada layar monitor. Jika ada sesuatu yang berbahaya, monitor tersebut akan memberikan sinyal dengan berbunyi,” ulasnya.

Monitor itu sendiri, beber dia, tidak hanya akan memberikan informasi terkait gempa bumi dan peringatan tsunami saja, tapi juga akan memberikan informasi terkait kondisi cuaca yang akan melanda Aceh Jaya.

Dengan adanya alat ini, ucap Fajri, diharapkan masyarakat dengan cepat mengetahui secara langsung terkait segala jenis kebencanaan yang terjadi di seluruh Indonesia, khususnya di Aceh Jaya.(*)

Penulis: Riski Bintang
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved