Breaking News:

Corona Serang Dunia

Indonesia Harap Harga Vaksin Covid-19 Terjangkau oleh Semua Negara di Dunia

Selain mendorong pengembangan vaksin, negara-negara G-20 juga mendorong kemudahan akses terhadap vaksin tersebut.

University Of Queensland via abc.net.au
Vaksin COVID-19 buatan Universitas Queensland mulai diuji coba pada manusia. Para peneliti berharap vaksin COVID-19 akan siap dalam waktu sekitar satu tahun. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Ada banyak uji coba pengembangan vaksi di berbagai belahan dunia. Sebagian sudah sampai pada tahap uji klinis tahap III, namun sebagian lainnya masih di bawah itu.

Ada pula yang masih pada tahap awal pengembangan.

Masalahnya, tidak semua negara di dunia punya akses terhadap vaksin yang bisa membunuh virus corona itu. Itu sebab, negara-negara yang tergabung ke dalam G-20 mendorong kerja sama pengembangan vaksin Covid-19.

Selain mendorong pengembangan vaksin, negara-negara G-20 juga mendorong kemudahan akses terhadap vaksin tersebut. Terutama, dalam hal keterjangkauan harga vaksin.

Anggota DPR RI Khawatir Vaksin Covid-19 Sinovac Dijadikan Bisnis Pemerintah Indonesia dan China

Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Indonesia untuk Cegah Corona, Seberapa Ampuh?

Dunia Sudah Memiliki 24 Vaksin Virus Corona Paling Potensial, Ini Daftar Penciptanya 

"Dari aspek kesehatan, Indonesia terus mendorong peningkatan kerja sama dalam rangka penemuan vaksin dan penyaluran obat-obatan yang mudah terjangkau dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat," kata Deputi bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian, Rizal Affandi Lukman seperti dilansir dari Kontan.co.id, Minggu (26/7/2020).

Ia mengungkapkan hal tersebut saat virtual Extraordinary G20 Sherpa ke-2 yang digelar hari Jumat (24/7/2020) lalu.

Ia menuturkan, penanganan kesehatan harus berjalan secara bersamaan dengan pemulihan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Indonesia sendiri di tengah pandemi telah menetapkan sejumlah kebijakan dalam menjaga stabilitas ekonomi.

Hal itu dilakukan dengan penyaluran bantuan sosial-ekonomi bagi yang terdampak, dan mendorong peningkatan kemampuan pelaku usaha sektor rill dan sektor keuangan.

Amerika Serikat Tangkap Dua Peretas Asal China, Dicurigai Mencuri Data Vaksin Virus Corona

Negara Lain Meneliti dan Mengembangkan Vaksin Covid-19 Sendiri, Mengapa Indonesia Pilih dari China?

Vaksin Corona Akan Diproduksi Awal 2021, Menteri BUMN Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

"Hal yang juga perlu menjadi perhatian adalah peningkatan kerja sama dalam rangka upaya penanganan perubahan iklim serta mendorong investasi guna meningkatkan mata pencaharian petani, khususnya pertanian skala kecil dan pertanian keluarga,” kata Rizal.

Pertemuan ini dipimpin Sherpa G20 Arab Saudi yang memegang Presidensi G20 tahun ini dan dihadiri oleh seluruh Sherpa negara G20, serta perwakilan dari Organisasi dan Lembaga Kerja Sama Keuangan/Pembangunan Regional dan Internasional.(kontan.co.id/kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Negara-negara G-20 Dorong Pengembangan Vaksin Covid-19 yang Terjangkau"

Editor: Said Kamaruzzaman
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved