Lifestyle

Moms, Hati-hati Empat Bunga Hias yang Lagi Viral Ini Ternyata Beracun, Begini Penjelasannya

Cuci tangan secara menyeluruh dengan konsep 3S (sebelum, sedang dan setelah) mengelola dengan tanaman ini.

Harian Metro
Empat tanaman hias yang biasa diletakkan dalam rumah ternyata berbahaya, empat bunga hias viral yaitu Caladium bicolor, Dieffenbachia spp, Zamiaculcas zamiifolia dan Anthurium spp ditemukan beracun dan dapat memiliki efek samping pada manusia. 

SERAMBINEWS.COM - Makin banyak yang menyukai tanaman hias dan menanamnya di sekitar rumah, apalagi masa pandemi, banyak mengubah kebiasaan manusia.

Belakangan warga terutama kaum hawa  memilih merawat tanaman untuk mengisi waktu luang.

Namun tidak semua tanaman hias ramah pada kesehatan manusia, karena ternyata sebagian tanaman beracun dan memiliki efek samping bagi manusia.

Melansir dari Harian Metro (27/7/2020), empat bunga hias viral yaitu Caladium bicolor, Dieffenbachia spp, Zamiaculcas zamiifolia dan Anthurium spp ditemukan beracun dan memiliki efek samping pada manusia.

Asisten Direktur, Divisi Pengembangan Industri Tanaman, Departemen Pertanian Mohd Adli Salihin Samsudin mengatakan tanaman tersebut memiliki racun pada seluruh bagian karena memiliki cairan (getah) berbahaya.

Kini Sudah Langka, Tanaman Pakis Haji Ini Ternyata Bisa Bikin Kaya Mendadak, Segini Harganya

Tren Memelihara Tanaman Ditengah Pandemi Covid-19, Omzet Penjual Bunga di Lhokseumawe Melambung

Sedang Jadi Primadona, Tanaman Hias Ini Diberi Nama Puring Ayu Ting Ting, Berapa Harganya?

Getah tersebut mengandung bahan kimia dan dapat berbahaya jika digigit atau termakan, terutama daunnya.

"Tidak perlu panik jika tanaman tersebut berbahaya karena ada zat kimia berbahaya, karena secara alami setiap tanaman ada zat kimianya, untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri," jelas Adli Salihin seperti dikutip pada Harian Metro.

"Tanaman seperti Caladium bicolor, Dieffenbachia spp, Zamiaculcas zamiifolia dan Anthurium spp misalnya sering digunakan sebagai tanaman hias interior di rumah, kantor dan tempat bisnis, karena karakternya unik dan warna yang menarik," tambahnya.

"Tumbuhan ini secara tidak langsung bisa menyegarkan suasana ruangan karena tanaman ini menghasilkan oksigen untuk kita bernafas dan menyerap karbon dioksida dan sebagainya sehingga udara terasa lebih segar," jelas Asisten Direktur, Divisi Pengembangan Industri Tanaman, Malaysia.

Siapa Sangka, Tanaman Ini Bisa Bikin Orang Kaya Mendadak, Kok Bisa?

Adli Salihin merincikan jika tanaman seperti Caladium bicolor, Dieffenbachia spp dan Anthurium spp tergigit atau dimakan daunnya maka akan menyebabkan bibir bengkak.

Halaman
123
Penulis: Syamsul Azman
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved