Breaking News:

Berita Aceh Selatan

IRT di Aceh Selatan Minta Pemkab Subsidi Harga Daging Meugang, Ini Harga di Pasar Inpres Tapaktuan

Tingginya harga daging yang dijual di Pasar Inpres Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan pada Rabu (29/7/2020), dikeluhkan sejumlah ibu-ibu.

SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Seorang ibu rumah tangga membeli daging meugang pada pedagang daging musiman di Pasar Inpres Tapaktuan, Aceh Selatan, Rabu (29/7/2020). 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Tingginya harga daging yang dijual di Pasar Inpres Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan pada Rabu (29/7/2020), dikeluhkan sejumlah ibu-ibu.

Pasalnya, harga daging yang dijual pada meugang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah itu terpantau bervariasi antara Rp 190 ribu hingga Rp 200 ribu/kg.

Rahmah (37), salah seorang ibu rumah tangga (IRT) mengungkapkan, harga daging meugang di Aceh Selatan saban tahun selalu mahal, jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Aceh.

Untuk itu, dia bersama IRT lainnya berharap, Pemkab Aceh Selatan bisa mencari solusi atas kondisi mahalnya harga daging meugang tersebut.

“Apalagi di tengah kondisi corona ini, ekonomi masyarakat melemah. Seharusnya pemerintah melalui dinas terkait mencari solusi atau memberi subsidi harga daging supaya masyarakat terbantu dalam menghadapi Idul Adha ini,” harapnya.

Warga Abdya Tidak Persoalkan Harga Daging Meugang Mencapai Rp 200 Ribu/Kg, Karena Anggap Itu Tradisi

Warga Reaktif Rapid Test Bertambah di Nagan Raya, Ternyata Pasutri, RSUD Lakukan Swab

Batalkan Proyek Multiyears, IKASI Unsyiah Nilai Komunikasi Politik DPRA dan Pemerintah Aceh Buruk

Dipicu mahalnya harga ternak
Sementara itu, Migar, salah seorang pedagang daging kerbau dan sapi musiman di Kompleks Pasar Inpres Tapaktuan mengaku, harga daging ini dipengaruhi harga hewan ternak baik sapi maupun kerbau.

Harga kerbau, sebutnya antara Rp 20 juta hingga Rp 25 juta/ekor. Sedangkan harga sapi mencapai Rp 18 juta hingga 20 juta/ekor. ”Karena harga kerbau dan sapi naik harga daging otomatis ikut naik,” ungkapnya.

Dia mengaku, pada hari pertama pemotongan daging meugang, daya beli masyarakat masih kurang. Situasi itu diperparah dengan kondisi cuaca di Aceh Selatan yang saat ini memasuki musim penghujan.

“Mungkin sebagian masyarakat akan berbelanja daging pada Kamis besok, sebab lebaran (Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah) kan hari Jumat,” ungkapnya.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved