Breaking News:

Update Corona di Abdya

Tiga Pasien Terpapar Covid-19, RSU TP Abdya Isolasi Puluhan Tenaga Medis dan Kirim 64 Sampel Swab

Tenaga medis tersebut diisolasi karena terjadi kontak erat dengan tiga dari empat pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil p

SERAMBINEWS/ZAINUN YUSUF
Gedung Public Safety Centre (PPC) Dinas Kesehatan Kabupaten Abdya, lokasi depan RSU Teungku Peukan di Padang Meurantee, Susoh, menjadi tempat isolasi sejumlah tenaga medis RSU Teungku Peukan karena terjadi kontak erat dengan tiga pasien yang dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab laboratorium Balitbangkes Aceh. 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Dari sekitar 60 orang tenaga medis Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSU TP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), sebagian di antaranya diisolasi di Gedung Public Safety Centre (PPC) Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Tenaga medis tersebut diisolasi karena terjadi kontak erat dengan tiga dari empat pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab laboratorium Balitbangkes Aceh, dikeluarkan 23 Juli lalu.

Kepala Dinkes Kabupaten Abdya, Safliati SST MKes dihubungi Serambinews.com, Rabu (29/7/2020) membenarkan ada sejumlah tenaga medis RSU TP yang diioslasi di Gedung PPC yang lokasinya di seberang jalan, persis depan RSU TP di Padang Meurantee, Desa Uong Padang, Susoh.

“Jumlah yang diisolasi, saya belum tahu, karena pihak rumah sakit minta gedung PPC milik Dinkes untuk isolasi petugas medis. Mungkin bisa dihubungi direktur rumah sakit,” kata Safliati juga menjabat Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Abdya.

Sementara Direktur RSU TP Abdya, dr Ismail Muhammad SpB ketika dihubungi berulang kali melalui telepon, namun tidak mengangkat telepon. Konfirmasi melalui WahtsApp (WA) juga tidak ada respons. Sehingga jumlah tenaga medis yang diisolasi di gedung PPC Dinkes, tidak diketahui secara pasti.

Keterangan diperoleh Serambinews.com bahwa pihak RSU TP selama beberapa hari gencar mengambil sampel swab tenaga medis, kemudian diserahkan kepada Dinkes Abdya untuk dikirim ke laboratorium Balitbangkes Aceh.

Tenaga medis yang diambil sampel swab adalah mereka yang terjadi kontak langsung dengan tiga pasien positif Corona selama dirawat di rumah sakit tersebut atau sebelum keluar hasil pemeriksaan swab yang dinyatakan positif.

Menteri Urusan Veteran Bosnia Meninggal Terkena Virus Corona

Joko Sudirman, Ketua Karang Taruna Aceh Tamiang Terpilih Secara Aklamasi

Banjir di Sultan Daulat Mulai Surut, Jalan Nasional Kembali Normal

Dari ratusan tenaga medis, tidak kurang 60 orang sudah diambil sampel swab sejak beberapa hari lalu.

“Sebagian di antara mereka diisolasi di gedung PPC Dinkes, menunggu keluar hasil pemeriksaan sampel swab. Jika ada yang positif, maka segera diisolasi di Ruang Isolasi Khusus Covi-19 RSU TP,” kata sebuah sumber.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved