Breaking News:

Tradisi Idul Adha

Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara, Ada yang Sama Semaraknya dengan Idul Fitri

“Perayaan Idul Adha oleh umat muslim Cina tak kalah meriah dengan Idul Fitri. Menjelang Idul Adha, mereka menikmati libur empat hingga lima hari."

Youtube.com
Suasana mudik Idul Adha di Bangladesh. 

“Perayaan Idul Adha oleh umat muslim Cina tak kalah meriah dengan Idul Fitri. Menjelang Idul Adha, mereka menikmati libur empat hingga lima hari." 

SERAMBINEWS.COM – Idul Adha atau yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban merupakan salah satu hari besar keagamaan bagi umat Islam.

Di Indonesia, perayaan Idul Adha pada umumnya tidak semeriah Idul Fitri. Setiap menjelang Idul Fitri ada satu tradisi yang dikenal dengan mudik.

Karena begitu ‘sakral’-nya mudik, sampai-sampai ada pemeo di kalangan masyarakat, tak ada Idul Fitri tanpa mudik.

Ternyata, di sejumlah negara lainnya, Idul Adha tak kalah semaraknya, bahkan ada yang sama dengan Idul Fitri.

Di Bangladesh, misalnya, mudik secara besar-besaran bukan saat menjelang Idul Fitri, tetapi menjelang Idul Adha.

Kesemarakan mudik di Bangladesh tak ubahnya dengan Indonesia. Bedanya, mudik atau pulang kampung di Bangladesh bukan menjelang Idul Fitri, tapi Idul Adha.

Anak dari Pasien Reaktif Covid-19 di Aceh Jaya Negatif Setelah Pulang Dari Pulau Jawa

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Mapolres dan Mapolsek Lhokseumawe Disterilkan

Di India, perayaan Idul Adha sama besar dan semaraknya dengan Idul Fitri. Kesemarakan itu paling terasa di bagian Kota Srinagar, ibu kota Kashmir dan Jammu.

Beberapa hari menjelang Idul Adha, masyarakat menyesaki toko pakaian, makanan, kueh, dan berbagai hadiah untuk keluarga dan teman. Tiga hari sebelum Idul Adha biasanya diadakan festival yang sangat ramai.

Festival ini biasanya bersamaan dengan waktu liburan. Semua orang merayakan festival yang dipenuhi dengan banyaknya pedagang makanan manis, roti khas dan daging. Festival Idul Adha juga menjadi daya tarik tersendiri bagi turis asing.

Halaman
123
Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved