Breaking News:

Berita Aceh Utara

Lantai Rumah Warga Amblas, Ini Penjelasan BPBD Aceh Utara

Sembilan warga dari dua kepala keluarga terpaksa tidur di teras rumah, karena tanah lantai rumah mereka amblas.

Dok BPBD Aceh Utara
Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara Amir Hamzah turun ke Paya Bakong Aceh Utara untuk melihat erosi yang terjadi dalam rumah warga. 

Laporan Jafaruddin | Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Lantai tanah dalam rumah tiga warga di Desa Blang Gunci Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara longsor dalam beberapa hari terakhir ini, sehingga menyebabkan warga tak berani tinggal di rumahnya. 

Akibat kejadian tersebut sembilan warga dari dua kepala keluarga terpaksa tidur di teras rumahnya, karena tanah dalam rumah mereka yang berada di daerah aliran sungai (DAS) sudah retak, bahkan sebagian sudah ambruk Kamis (30/7/2020). 

Karena itu warga tidak berani lagi tidur dalam rumahnya lagi, sebab khawatir akan tertimpa dengan rumah jika tanah dalam ruma ambruk lagi. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah kepada Serambinews.com, menyebutkan, pihaknya sudah datang ke lokasi untuk melakukan pendataan dan juga melihat kejadian tersebut. Saat ini ada tiga rumah yang tanah dalam rumah tersebut sudah longsor.

“Karena itu sebaiknya menghindari lokasi tersebut. Guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab kondisi di kawasan itu sudah sangat rawan, sehingga memang perlu penanganan secepatnya,” ujar Amir Hamzah.

Karena itu pihaknya nantinya akan mempersiapkan usulan untuk menyampaikan persoalan tersebut ke Pemerintah Aceh atau ke Pemerintah Pusat. Sebab untuk penanganan butuh dana miliaran.

“Lokasi tersebut sebelumnya sudah dipasang bronjong untuk menghindari terus-terusan terjadi erosi, tapi tidak ternyata tidak mampu menahannya sehingga terjadi kondisi seperti ini,” kata Amir.

Rumah masyarakat lainnya yang berpotensi terjadi seperti itu, Ismail, Habsah, Abdullah Daud dan juga sejumlah rumah warga lainya.(*)

Tim Medis Lacak Warga yang Pernah Interaksi dengan Pasien Covid-19

Arab Saudi Tahan 2.000 Jamaah Haji Ilegal

Mekhikhis, Tradisi Kuliner Saat Maulid dan Haji

Balitbangkes Aceh Terancam Tak Bisa Lagi Lakukan Tes Swab, Ini Sebabnya

Penulis: Jafaruddin
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved