Breaking News:

Update Corona di Aceh Tamiang

RSUD Aceh Tamiang Siapkan Sepuluh Kamar untuk Pasien Covid-19

“Seiring meningkatnya kasus Covid-19, kita khawatir pasien dari daerah kita tidak tertampung di rumah sakit rujukan. Saat ini ada sepuluh kamar...

SERAMBINEWS.COM/ RAHMAD WIGUNA
Direktur RSUD Aceh Tamiang, Dedy Syah (dua kanan) saat mendampingi Bupati, Mursil di Ruang IGD, kemarin. Sepuluh kamar khusus merawat pasien Covid-19 telah disediakan sebagai antisipasi melonjaknya kasus virus asal Cina ini. 

“Seiring meningkatnya kasus Covid-19, kita khawatir pasien dari daerah kita tidak tertampung di rumah sakit rujukan. Saat ini ada sepuluh kamar yang kita sediakan di RSUD Aceh Tamiang,” kata Direktur RSUD Aceh Tamiang, T Dedy Syah, Senin (3/8/2020).

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – RSUD Aceh Tamiang mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 dengan menyiapkan sepuluh kamar khusus, untuk merawat pasien yang terpapar virus asal Cina ini.

Sepuluh kamar ini diharapkan, mampu menangani pasien Covid-19 yang tidak tertampung di rumah sakit rujukan.

Diketahui, RSUD Aceh Tamiang sejauh ini belum berstatus rumah sakit rujukan Covid-19.

“Seiring meningkatnya kasus Covid-19, kita khawatir pasien dari daerah kita tidak tertampung di rumah sakit rujukan. Saat ini ada sepuluh kamar yang kita sediakan di RSUD Aceh Tamiang,” kata Direktur RSUD Aceh Tamiang, T Dedy Syah, Senin (3/8/2020).

Dia menjelaskan, sepuluh kamar ini didesain khusus dengan membentuk tekanan negatif sesuai standar yang sudah ditentukan dalam menangani pasien Covid-19.

Tekanan negatif akan membuat udara tidak ke luar dari ruangan perawatan pasien Covid-19, sehingga tidak menciptakan sebaran kepada orang lain.

Gadis 18 Tahun Hilang di Hutan Liar yang Dihuni Binatang Buas, Begini Cara Gia Fuda Bertahan Hidup

“Melalui tekanan negatif ini udara yang berada di dalam ruangan tidak ke luar, sehingga tidak terjadi penyebaran virus,” jelasnya.

Dedy mengakui, sebelumnya ada imbauan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah agar seluruh rumah sakit di Aceh menyiapkan ruangan khusus merawat pasien Covid-19.

Imbauan ini tidak terlepas dengan kondisi lonjakan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir.

“Jadi seluruh rumah sakit, baik itu rujukan atau bukan rujukan diminta menambah kamar untuk kepentingan Covid-19. Imbauan ini telah kita tindaklanjuti dengan menyediakan sepuluh kamar,” ungkapnya.

Meski begitu, Dedy menjelaskan kamar yang sudah disediakan ini belum digunakan untuk merawat pasien Covid-19.

Saat ini sejumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 diisolasia mandiri dan sebagian menjalani isolasi di Mes SKB. (*)

Pasien Corona di Aceh Besar Meningkat Jadi 81 Orang, Warga Dinilai Masih Abaikan Protokol Kesehatan

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved