Breaking News:

Kesehatan

Madu Hingga Gula Kelapa, Inilah 9 Pengganti Gula Alami dan Sehat

Sudah saatnya mengganti gula rafinasi ke alternatif pemanis alami yang lebih sehat dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Zaenal
RIGHTEOUS QATAR
FOTO ILUSTRASI KURMA 

SERAMBINEWS.COM -  Gula ditemukan dalam 75 persen makanan kemasan.

Gula digunakan sebagai bahan pengawet, bahan pengental, dan bahan pemanis dalam makanan dan minuman.

Jumlah gula tambahan yang tinggi tersembunyi dalam makanan olahan yang kita konsumsi hampir setiap hari.

Melansir dari Boldsky, Selasa, (11/8/2020) beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa gula tambahan telah terbukti meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit hati berlemak non-alkohol, kanker, dislipidemia dan bahkan penurunan kesehatan kognitif.

Ilustrasi gula rafinasi
Ilustrasi gula rafinasi (theapricity.com)

Sudah saatnya mengganti gula rafinasi yakni gula yang berasal dari gula bit dan gula tebu ke alternatif pemanis alami yang lebih sehat dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Lantas, apa saja pengganti alami untuk gula? Yuk cari tahu di sini.

Masker bahan alami dari madu
Masker bahan alami dari madu (Tribunnews)

1. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pemanis alami terbaik. Madu diperoleh dari nektar bunga oleh lebah madu. Sejak jaman dahulu, madu digunakan sebagai pemanis alami karena memiliki kandungan fruktosa yang tinggi.

Wanita, Ini 7 Produk Kecantikan Khusus Bibir yang Wajib Ada dalam Tas Make-up

Madu 25 persen lebih manis dibandingkan dengan gula rafinasi. Madu mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam amino dan asam organik. Manfaat kesehatan dari madu mentah sangat banyak, yakni memiliki efek perlindungan antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, anti-diabetes, gastrointestinal, pernapasan, kardiovaskular dan sistem saraf.

Kamu bisa menambahkan madu ke dalam sereal, sajian sarapan, teh dan kopi, yogurt dan saus salad. 

Ilustrasi sirup maple
Ilustrasi sirup mapel (Truesecond)

2. Sirop Mapel

Sirop mapel adalah pemanis alami lain yang biasa dikonsumsi sebagai pemanis pan cake. Ini adalah cairan manis kental yang dibuat dengan merebus getah yang dikumpulkan dari mapel gula.

Sirop mapel mengandung sukrosa, oligosakarida, polisakarida, asam organik, asam amino, vitamin dan mineral. Ia juga memiliki banyak fitokimia, termasuk senyawa fenolik yang menunjukkan efek antioksidan, antimutagenik, antikanker, anti-inflamasi, antibiotik, hipoglikemik dan anti-neurodegeneratif.

Sirop mapel dapat ditambahkan pada makanan manis dan gurih seperti oatmeal, pancake, yogurt tawar, sayuran, ayam, salmon atau saus salad.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved