Breaking News:

Dokter Puskesmas Garda Terdepan dalam Penanganan Covid-19, Mudah Dijangkau dan Jaringan Luas

Dokter yang bertugas di Puskesmas merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. masyarakat lebih mudah berhubungan dengan Puskesmas dibanding..

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Jalimin
KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari
Mendagri, Muhammad Tito Karnavian. 

 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Dokter yang bertugas di Puskesmas merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.  masyarakat lebih mudah berhubungan dengan Puskesmas dibanding rumah sakit.

Hal ini disampaikan Mendagri Muhammad Tito Karnavian  dalam video conference Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Puskesmas Indonesia (PDPKMI) dan Docquity pada kegiatan Launching organisasi PDPKMI dari Kantor Kemendagri pada Senin, (17/08/2020).

Mendagri berharap agar dalam penanganan pandemi Covid-19 ini Puskesmas mengambil bagian yang signifikan, baik dalam aspek pencegahan maupun pengobatan.

“Karena daya jangkau Puskesmas dan daya jaringannya sangat luas sampai ke daerah-daerah terpencil. Saya sangat berharap banyak juga pelaksanaan protokol atau kepatuhan protokol Covid-19 yang kita paham sudah ada rumusan 3M : memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Dan juga 3T: testing, tracing, dan treatment,” ujar Mendagri

Menurut Mendagri, dalam sosialisasi 3M tersebut sektor-sektor seperti hotel, pariwisata, restoran sudah menerapkan protokol kesehatan. Namun, protokol kesehatan yang dibuat bisa jadi belum pas terhadap upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Mendagri Ajak Solidaritas PDPKMI Sosialisasi Protokol Kesehatan, Plot APBD Untuk Kesehatan Rendah

Bupati Dulmusrid Masih Jalani Isolasi, Wabup Sazali Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Aceh Singkil

“Oleh karena itu dokter Puskesmas menjadi konsultan bagi semua pelaku sektor kehidupan tersebut, bagaimana menerapkan protokol yang tepat. Misalnya cara memakai masker yang tepat, bagaimana mencuci tangan yang tepat,” kata Mendagri.

Dengan kekuatan lebih dari 10 ribu, kata Mendagri, Puskesmas merupakan modal yang luar biasa dalam mensosialisasikan protokol kesehatan. Untuk itu, Mendagri menyambut baik acara launching PDPKMI tersebut.

“Saya kira ini adalah ide yang sangat baik karena sekali lagi Puskesmas merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, yang melayani 265 juta lebih rakyat Indonesia. Jadi organisasi yang sangat masif, organisasi yang sangat ekstensif yang berada di seluruh Indonesia. Peran dari pada Puskesmas menjadi sangat penting dalam sistem kesehatan Indonesia,” kata Mendagri.(*)

Presiden Israel Undang Putra Mahkota UEA, Pengusaha Emirat Buka Hubungan dengan Israir

Peringati HUT RI, Polsek Kuta Malaka Kibarkan Bendera Raksasa di Bukit Tertinggi Lam Ara, Aceh Besar

Mendagri: Jihad bukan Saja Netralisis Kekerasan dan Terorisme,Tapi juga Penerapan Protokol Kesehatan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved