Breaking News:

Mengikuti Upacara Kemerdekaan RI Ke-75, Mendagri Gunakan Pakaian Adat Minangkabau

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dengan bangga mengenakan pakaian adat Minangkabau saat upacara secara virtual (Video...

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Mendagri Tito Karnavian tampak mengenakan pakaian adat Minangkabau. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dengan bangga mengenakan pakaian adat Minangkabau saat upacara secara virtual (Video Conference) peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun, bertempat di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3, Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/08/2020).

Upacara tahun  ini sedikit berbeda karena adanya pandemi covid-19. Sehingga, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih secara terbatas, yakni: ada yang secara fisik hadir di Istana Negara dan daring online.

Keduanya mesti mengikuti prosedur protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan covid-19, namun tanpa mengurangi semangat Kemerdekaan.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian mengakui pemilihan pakaian adat Minangkabau yang dikenakannya pada hari bersejarah 17 Agustus 2020 lantaran desain baju yang sederhana namun kaya akan makna.

"Isteri saya saran kali ini pakai adat Minangkabau karena bajunya simple tapi menarik dan saya lahir di Pulau Sumatera. Orang Minang dikenal banyak yang cerdas, religius, pandai berdagang dan perantau yang tangguh," ungkapnya.

Mendagri juga sempat bercerita tentang kehadirannya pada saat perayaan upacara Kemerdekaan RI sebelum-sebelumnya,  juga sering mengenakan pakaian adat sebagai simbol kebanggaan dan kecintaannya terhadap tanah air.

"Saya sudah ikut beberapa kali upacara HUT RI di Istana dengan beberapa baju adat. Adat kampung saya Palembang sudah, Papua sudah, Kalimantan juga," pungkasnya.(*)

Dibalik Meninggalnya Dua Warga Bireuen di Kapal Cina, Begini Keterangan Pihak Keluarga

Pemerintah Aceh Jemput Dua Jenazah Warga Aceh yang Meninggal dalam Kapal Ikan Milik Cina

Heboh Lomba Menatap Foto Mantan Terlama Dalam HUT Ke-75 RI, Ini Pengakuan Penggagas Acara

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved