Breaking News:

Jalan Tol

Pedoman Berkendara di Jalan Tol, Agar tak Cuma Cepat tetapi Juga Aman

"Ingat, menggunakan jalan tol dapat mempercepat perjalanan sampai ke tujuan. Namun, berkendara di jalan bebas hambatan memerlukan konsentrasi ekstra."

Dok: Hutama Karya
Ruas tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 4 dari Indrapuri-Blang Bintang yang menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

"Ingat, menggunakan jalan tol dapat mempercepat perjalanan sampai ke tujuan. Namun, berkendara di jalan bebas hambatan memerlukan konsentrasi ekstra."

SERAMBINEWS.COM – Presiden Jokowi, Selasa (25/8/2020) meresmikan ruas tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer.

Seksi 4 Indrapuri-Blangbintang merupakan bagian dari tol Sibanceh sepanjang 74 kilometer dan nantinya akan menjadi bagian dari tol Trans Sumatera yang membentang dari Aceh hingga Lampung.

“Ini merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh," kata Jokowi dalam pidatonya ketika meresmikan beroperasinya Seksi 4 di gerbang tol Blangbintang, Aceh Besar.

Sebelumnya, pada Sosialisasi Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) yang ditayangkan Youtube Serambi TV/Talkshow Serambi FM, 12 Juli 2020, Branch Manager Ruas Tol Sibanceh, Jarot Seno bersama Section Head Operation Ruas Tol Sibanceh, Ari Wibowo menjelaskan berbagai aturan yang harus diperhatikan saat memasuki tol.

“Jalan tol merupakan jalan milik negara, sehingga ada aturan yang mengaturnya sebagaimana ketentuan UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol,” ungkap Ari.

Selain penjelasan yang disampaikan Jarot Seno dan Ari Wibowo, Serambinew.com juga merangkum dari bergagai sumber sejumlah pedoman berkendara di jalan tol sehingga tidak hanya cepat tetapi juga aman, nyaman, dan yang terpenting terhindar dari berbagai hal yang tidak diharapkan.

Presiden Resmikan Jalan Tol Indrapuri-Blangbintang, Ruas Sigli-Banda Aceh Tuntas Desember 2021

Miliki E-Tol Card

Seperti diketahui, sejak Oktober 2017, pembayaran tol tidak lagi menggunakan uang tunai tetapi dengan kartu elektronik (E-Tol Card).

Beberapa bank telah menerbitkan e-tol card, misalnya BRI Brizzi Bank BRI, BNI Tapcash Bank BNI, BTN Link Bank BTN, BCA Flazz Bank BCA, Indomaret Card diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama, dan lain-lain.

Halaman
1234
Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved